spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Apa Guna Integrasi IndiHome dan Telkomsel untuk Pelanggan?

KNews.id- Merger atau penggabungan penyedia layanan fixed broadband IndiHome dan operator seluler Telkomsel semakin dekat usai kesepakatan spin-off atau pemisahan usaha dari Telkom. Apa sebenarnya manfaat buat warga dari proses ini?. Bagi kedua perusahaan, merger ini memiliki banyak manfaat, terutama dari sisi efisiensi operasional yang akan menunjang kinerja perusahaan.

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (7/4), mengatakan integrasi ini bisa menghadirkan inovasi yang lebih luas, memperkuat struktur bisnis, meningkatkan potensi efisiensi dalam pengembangan konvergensi layanan fixed dan mobile broadband.

- Advertisement -

Di samping itu, integrasi membuat perusahaan lebih adaptif dalam dinamika perubahan teknologi dan industri, mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan. Untuk warga, Saki menyebut hal ini “mewujudkan inklusi digital dan akselerasi roda perekonomian, khususnya ekonomi digital di Indonesia, serta mendukung produktivitas masyarakat di berbagai sektor.”

Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom, menyebut secara umum integrasi kedua perusahaan plat merah ini membuat layanan broadband yang diberikan kepada pelanggan menjadi lebih luas. Pasalnya, cakupan wilayah layanan baru merupakan gabungan dari dua perusahaan.

- Advertisement -

“Inisiatif FMC akan memungkinkan masyarakat memperoleh layanan broadband yang lebih luas, di mana pelanggan dapat berpindah tempat dengan bebas, tanpa khawatir kehilangan layanan, demi mewujudkan inklusi digital,” ujar dia, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/4).

Berikut daftar manfaat yang bisa didapat pengguna usai integrasi  Indihome dan Telkomsel rampung sepenuhnya, berdasarkan keterangan perusahaan:

- Advertisement -
  1. Jaringan mulus
    Integrasi Indihome dan Telkomsel kontan membuat cakupan wilayah jaringan keduanya menjadi satu. Jaringan yang digunakan pengguna Telkomsel nantinya akan digunakan pengguna Indihome, begitu pula sebaliknya.

“Pelanggan mendapatkan layanan secara seamless karena dari dua pilihan layanan internet (fixed atau mobile) saling backup,” ujar Reza.

  1. Layanan satu pintu
    Integrasi juga akan membuat pelayanan terkait masalah pelanggan baik fixed broadband maupun mobile broadband menjadi satu di bawah operasional Telkomsel. Sementara, usai ditinggal IndiHome, Telkom akan lebih fokus pada business to business (B2B).
  2. Membayar melalui single billing
    Usai sistem terintegrasi secara penuh, pelanggan nantinya dapat melakukan pembayaran layanan melalui tagihan tunggal atau single billing. Hal ini akan dinilai akan memudahkan pelanggan, terlebih yang berlangganan IndiHome dan Telkomsel sekaligus.
  3. Nilai tambah paket
    Integrasi dua layanan telekomunikasi ini juga disebut akan dapat menghasilkan skema paket produk yang semakin fokus pada pelanggan atau customer centric.Selain itu, Saki juga berharap penggabungan ini akan menghasilkan “skema paket produk yang bernilai tambah, serta menghadirkan layanan “Unbreakable WiFi” melalui konvergensi layanan fixed dan mobile broadband yang seamless, baik untuk akses di rumah maupun saat di luar rumah.”
  4. Tak perlu daftar ulang
    Pengguna IndiHome tak perlu mendaftar ulang ketika integrasi IndiHome dan Telkomsel selesai. Pelanggan IndiHome akan otomatis dialihkan di bawah pengelolaan Telkomsel.

“Selama masa transisi, nantinya pelanggan tidak perlu melakukan pendaftaran ulang dan layanan IndiHome pelanggan akan otomatis (secara seamless) dialihkan menjadi di bawah pengelolaan operasional Telkomsel,” ujar Saki.

“Seluruh layanan yang saat ini didapatkan pelanggan akan berjalan seperti biasa dan saat ini masih dalam pengelolaan IndiHome, termasuk alat yang telah dipasang, tidak perlu diganti dengan alat baru,” tandas dia. (Ade/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini