spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Anies Klaim Testing Covid-19 di DKI tepat Sasaran, Akurasi 85 Persen

KNews.id- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan upaya penelusuran kontak erat Covid-19 di wilayah Ibu Kota relatif tepat sasaran. Malahan, Anies memastikan, tingkat akurasi testing Covid-19 di DKI menyentuh angka 85 persen.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kapasitas testing Covid-19 sudah menyentuh di angka 135.000 orang per minggu. Artinya, kapasitas itu telah melampui standar WHO sebanyak 12 kali lipat.

- Advertisement -

“Sementara itu kapasitas testing kita juga terus meningkat hingga 135.000 orang per Minggu [12 kali standard WHO], dengan 85 persen tes di Jakarta adalah kepada suspek, probable dan contact tracing,” kata Anies melalui akun instagram pribadinya pada Kamis (28/1).

Peningkatan kapasitas itu, imbuhnya, turut diimbangi dengan penambahan tenaga pelacakan kontak erat di tengah masyarakat.

- Advertisement -

“Tahun lalu kita telah merekrut 1.545 tenaga contact tracing,” ujar Anies.

Sebelumnya, Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman berpendapat peningkatan kapasitas pemeriksaan sekaligus penelusuran kontak erat Covid-19 di wilayah DKI Jakarta tidak tepat sasaran.

- Advertisement -

Pendapat itu berdasarkan pada masih tingginya penambahan kasus kematian pasien konfirmasi positif Covid-19 harian di wilayah DKI Jakarta. Belum lagi, Dicky menggarisbawahi, angka pemakaman jenazah dengan menggunakan protokol Covid-19 terbilang tinggi sejak akhir Agustus 2020.

“Sedangkan kasus kematian suatu angka yang sangat serius, karena menunjukkan peforma pengendalian pandemi di suatu wilayah. Jadi, kalau selama ada angka kematian ada yang salah dalam strategi pengendalian,” kata Dicky, Rabu (21/10). (Ikh)

Sumber: Bisnis

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini