spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

Anies Dititipi 8 Risalah di Ponpes Rembang, Diminta Pertimbangkan Pendapat Ulama Tiap Susun Kebijakan

KNews.id – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dititipi delapan risalah oleh perkumpulan yang mengatasnamakan Ulama se-Jawa Tengah dan Jawa Timur. Risalah tersebut dibacakan oleh KH Said Abdurrochim di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Ulum Asy-Syar’iyyah, Sarang, Rembang.

Risalah tersebut adalah :

- Advertisement -

Pertama, Anies diminta senantiasa mempertimbangkan pendapat dan pandangan Ulama’ dalam menyusun kebijakan strategis.

Kedua, menerapkan kepemimpinan Dwi Tunggal antara Presiden dan Wakil Presiden secara konsisten dalam memimpin negara dan menjalankan pemerintahan demi terjaga kekompakan kepemimpinan nasional sebagai wujud kepemimpian gerakan.” ujar Kiai Said dalam keterangan tertulis. Muhaimin Sebut Anies Tak Setuju jika Galang Dana.

- Advertisement -

Ketiga, menjalankan secara efektif Undang-Undang No. 18 tahun 2019 tentang Pesantren dengan membentuk Direktorat Jenderal Pesantren, mengoptimalkan Dana Abadi Pesantren, menerbitkan regulasi turunan, petunjuk teknis dan memastikan implementasi sampai ke tingkat pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

Keempat, Anies diminta memperkuat pendidikan pesantren dan memberi pengakuan yang diperlukan bagi pendidikan keagamaan Islam non-formal seperti madrasah diniyah, taman pendidikan Al Qur’an, majelis ta’lim, serta kegiatan pendidikan lain tempat Ibadah.

Kelima, Anies diharap dapat mencegah kebangkitan faham-faham yang menyimpang dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Eka, seperti faham komunisme, leninisme dan faham-faham lain yang menyimpang dari Konstitusi Negara.

Keenam, menegakkan hukum dan perundang-undangan sebagai upaya meneguhkan negara Indonesia sebagai Negara Hukum dan bukan Negara Kekuasaan sebagaimana amanat Konstitusi.

Ketujuh, memastikan pemberantasan dan pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) secara imparsial. Terakhir, menodorong kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel dan berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia. Mendapat risalah tersebut, Anies mengatakan akan berusaha untuk tidak mengecewakan para ulama yang telah mendukungnya.

Anies: Yang Penting Ikhtiar “Insya Allah kami, saya dan Gus Muhaimin akan berjuang sebagai dwi tunggal untuk membawa amanat ini. Insya Allah bisa kita laksanakan bersama-sama untuk perubahan agar benar-benar keadilan, kesetaraan itu hadir di semua aspek. Ini sebuah pesan yang insya Allah akan sangat berdampak pada dukungan untuk perubahan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan insya Allah meluas ke seluruh Indonesia,” kata Anies.
(Zs/Kmps)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita