spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Anies Datang Ke UI Ditagih Janji TKD oleh Mahasiswi Anak PNS

KNews.id- Seorang mahasiswi FISIP UI Irma Josephine menagih janji Anies Baswedan mengembalikan tunjangan kinerja daerah (TKD) aparatur sipil negara (ASN) DKI Jakarta sebesar 25 persen yang dipotong pada masa pandemi Covid-19.
Kala Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta, dana hasil potongan dialihkan untuk anggaran bantuan sosial (bansos) bagi warga miskin dan rentan miskin terdampak wabah virus corona.

Irma menagih kepada Anies di forum bertajuk kuliah kebangsaan. Irma mengajukan diri sebagai salah satu penanya. Ia mengawali dengan memperkenalkan diri sebagai anak dari seorang ayah yang bekerja sebagai PNS. Irma lantas menanyakan cara Anies mencapai kesejahteraan rakyat seandainya terpilih.

- Advertisement -

“Padahal utang janji bapak pada PNS pada saat pandemi waktu itu saja belum bapak lunasi, mengenai pinjaman gaji para PNS yang bapak gunakan untuk menangani pandemi pada saat itu,” kata dia dalam acara kuliah kebangsaan bersama Anies Baswedan, Selasa (29/8).

“Jadi bagaimana pertanggungjawaban bapak nanti untuk hal tersebut dan untuk kesejahteraan Indonesia ke depan,” ujar dia. Pertanyaan Irma disambut dukungan riuh mahasiswa yang jadi peserta kuliah kebangsaan. Menjawab pertanyaan Irma, Anies menjelaskan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19, pemerintah harus melakukan penggeseran anggaran untuk menangani kondisi Covid-19.

- Advertisement -

Ia berkata kala itu anggaran itu digunakan untuk aspek kesehatan dan jaminan sosial.
“Warga diminta untuk di rumah. Dengan warga diminta untuk di rumah, maka banyak sekali warga yang tidak punya pendapatan rutin,” jawab Anies.

Buntut kondisi itu, Anies mengatakan selama masa pandemi covid-19 jumlah penerima jaminan sosial di Jakarta meningkat. Ia menyebut angka penerima jamsos itu meningkat dari yang mulanya 900 ribu menjadi 2,4 juta jiwa.

- Advertisement -

“Itu artinya, 2/3 penduduk Jakarta harus diberi uang oleh pemerintah,” ucap dia.
Menanggapi kondisi itu, Anies pun mengumpulkan ASN seraya menyatakan kala itu Pemprov DKI memiliki uang sebesar Rp1,6 triliun. (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini