spot_img
Kamis, Mei 9, 2024
spot_img

Anies Cs Minta Lembaga Survei Ditertibkan: Yang Hitam jadi Putih, Yang Putih Dibuat Hitam

KNews.id – Jelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, muncul hasil survei dengan narasi persaingan perebutan kursi RI-1 bisa selesai dengan satu putaran. Versi hasil survei, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang dalam satu putaran.
Menanggapi itu, Ketua DPP Nasdem sekaligus Tim Sukses Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Willy Aditya menyinggung survei adalah potret data. Dia menyindir riset survei bukan lagi hasil yang sifatnya prediktif.
“Bagi orang yang memiliki moral dan etik, tanggung jawab mereka kepada  publik dan media, mereka mengatakan ini bukan prediksi tapi potret,” kata Willy, dalam Indonesia Lawyers Club yang dikutip VIVA pada Minggu malam, 19 November 2023.
Namun, ia menyoroti hasil survei saat ini malah seperti rangkaian seri propaganda. “Hingga kita tidak tahu ini ular atau belut, atau apa makhluk yang terjadi ini,” ujar Anggota DPR RI tersebut.
Dia bilang persoalan survei itu yang harus diletakkan. Kata dia, tak bisa mabuk menyikapi hasil survei. “Jadi, toh kalau harus bertaubat pada proses ini. Ini yang harus kita letakkan,” jelasnya.
Willy kemudian mengaitkan bahwa di DPR saat ini tengah menginisiasi revisi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik.
“Karena konteks seperti ini kemudian dia bisa membuat cacing jadi naga, naga jadi cacing! Yang hitam bisa jadi putih, yang putih bisa jadi hitam. Hajab si rajab bin mustajab,” ujar Willy.
Lebih lanjut, dia menyampaikan nalar akan hilang jika dalam nalar akademik dan ilmiah itu tidak memiliki stand point yang clear. Menurut dia, konteks itu harus dibenarkan lantaran memiliki nalar ilmiah dengan pendekatan-pendekatan saintifik itu harus jelas.
“Tapi, tidak bagian kemudian. Eh bos, eh bro, eh mas kalau njenengan itu posisinya poster ya poster, kalau njenengan konsultan ya silakan,” lanjut Willy.
Willy heran dengan lembaga survei yang dalam usaha praktiknya itu mengayunkan isu. Kata dia, seperti sempat mencuatnya masa jabatan Presiden tiga periode
“Tiga periode kejedot mentok, abis itu Prabowo-Jokowi mentok kejedot. Sekarang satu putaran. Nauzubillahi minzalik,” kata Willy.
Dia bilang yang mestinya bicara satu putaran yaitu duet Anies-Muhaimin atau Amin karena merupakan pasangan capres dan cawapres nomor urut satu. Tapi, ia mengaku pihaknya tak berupaya dalam mewujudkan hal tersebut.
“Ini kan kami tidak dalam kerangka itu. Kenapa? Satu kita lihat kalau kita verifikasi secara detail hasil-hasil survei yang beredar ini,” sebut Willy.
Pun, dia menyinggung hasil riset lembaga survei Utting Research yang berbasis di Australia. “Kalau referensinya Utting dari Australia itu 81 persen rakyat menginginkan perubahan,” ujar Willy.
Menurut dia, dengan merujuk survei Utting bahwa ada perubahan yang diinginkan 80 persen rakyat.
“80 persen itu khususnya generasi milenial dan gen Z itu resah bagaimana problem lapangan pekerjaan kita begitu akut sekali,” tutur Willy.  (Zs/GLR)

 

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini