spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Andai Sri Mulyani Gubernur BI, Siapa yang Layak Jadi Menkeu?

KNews.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mengantongi sejumlah nama untuk menjadi calon Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028. Calon-calon tersebut yang nantinya menggantikan Gubernur BI Perry Warjiyo yang masa jabatannya berakhir pada Mei 2023.

Berdasarkan rumor yang beredar, Menteri Keuangan Sri Mulyani termasuk salah satu nama yang akan mengisi posisi Gubernur BI. Dan diyakini, Sri Mulyani juga merupakan kandidat terkuat yang berpeluang terpilih sebagai Gubernur BI.

- Advertisement -

Andai Sri Mulyani jadi Gubernur BI, sumber Kontan.co.id membisikkan, Suahasil Nazara yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) akan menduduki posisi menteri keuangan.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, siapapun nantinya yang terpilih sebagai menteri keuangan yang baru, maka sosok tersebut harus memiliki kriteria tertentu.

- Advertisement -

Kriteria yang dimaksud adalah sosok tersebut harus berkomitmen mengurangi penerbitan utang dengan bunga tinggi, dan mencari alternatif solusi pembiayaan alternatif misalnya melalui debt for climate (utang ditukar program lingkungan).

“Memiliki integritas yang tinggi, tidak memiliki konflik kepentingan misalnya menjabat komisaris perusahaan swasta,” ujar Bhima kepada Kontan.co.id, Selasa (21/2).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini