spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Alasan Doa Tak Akan Terkabul, Meski Rajin Sholat Tahajud

KNews.id – Tak sedikit orang yang memiliki harapan dan memanjatkan doanya kepada Allah SWT, salah satu amalan yang mustajab agar doa dapat terkabul dengan melakukan shalat tahajud. Banyak keutamaan yang dapat dipetik ketika melaksanakan shalat tahajud, salah satunya dapat mempercepat dikabulkannya doa oleh Allah SWT.

Namun, beberapa doa tidak akan Allah kabulkan meski rajin tahajud setiap malam, hal ini tentu ada penyebabnya. Doa yang tidak terkabul meski sudah rajin melaksanakan shalat tahajud merupakan perkara serius yang tidak boleh dianggap remeh.

- Advertisement -

Pasti ada penyebabnya yang harus segera disingkirkan agar seluruh doa dapat dikabulkan oleh Allah.  Karena pada dasarnya Allah sudah berjanji kepada para hamba-Nya bahwa pasti dikabulkan doa-doa orang yang berdoa kepada-Nya.

Dalam satu kajiannya, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan mengenai penyebab tidak terkabulnya doa meski rajin melaksanakan shalat tahajud.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan ada hal-hal tertentu yang membuat doa tidak akan terkabul. “Khusyuknya antum berdoa meminta bahkan setelah tahajud kalau memiliki sifat ini, bahasa hadisnya sampai kapanpun enggak akan pernah dijawab,” Oleh sebab itu, perlu dievaluasi terlebih dahulu apa penyebab dari doa tidak dikabulkan oleh Allah.

“Jadi nanti kita akan evaluasi kalau ada di antara kita saat ini yang sering kali berdoa, doa meminta padahal sudah menangis bangun shalat tiap malam boleh jadi belum terkabul atau tidak terkabul,” jelas Ustaz Adi Hidayat.

- Advertisement -

“Karena punya sifat-sifat yang mungkin kita akan tampilkan,” sambungnya. Di antara hal yang membuat doa tidak akan dikabulkan menurut Ustaz Adi Hidayat adalah adanya barang haram yang melekat pada diri seseorang.

Pada dasarnya berdoa adalah kegiatan yang mulia dan suci sehingga sangat bertolak belakang dengan apa yang Allah haramkan. “Jadi sebelum berdoa pastikan dulu itu halal pastikan baik ya,” ujarnya.

Keberadaan barang-barang haram ini, menurut Ustaz Adi Hidayat akan menjadi sebab doa tidak akan dikabulkan walau sudah rajin tahajud.

“Jadi jangan sampai misalnya antum berdoa sudah menangis tersedu-sedu disebut nama Allah Asmaul Husna dipanjatkan di pertengahan malam tapi pakaiannya haram, makannya haram, yang dikenakannya haram, sajadahnya haram, bagaimana bisa dijawab,” tandasnya.

(Zs/tv1)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini