spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Akhirnya, Syaeful Mujani Buka Suara “PDIP akan Rontok sekalipun Mengusung Ganjar Pranowo dan Puan Maharani!

Diketahui bahwa PDIP menjadi satu-satunya partai yang bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden tanpa berkoalisi. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu telah memenuhi presidential threshold 20 persen.

Saiful Mujani menjelaskan, untuk mengetahui seberapa besar peluang menang PDIP apabila tanpa koalisi, maka dilakukan simulasi Pilpres. Dalam simulasi itu, terdapat empat pasangan. Pertama, pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar. Kedua, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketiga, duet PDIP Ganjar Pranowo-Puan Maharani. Dan keempat, pasangan Airlangga Hartarto-Erick Thohir.

- Advertisement -

“Dalam simulasi empat pasangan di atas, survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Desember 2022 menemukan pasangan Ganjar-Puan berada di urutan ketiga dengan perolehan suara 21,6 persen. Suara pasangan ini berada di bawah Prabowo-Muhaimin 29,7 persen dan Anies-AHY 28,8 persen. Sementara pasangan Airlangga-Erick 4,9 persen dan yang belum menjawab 15 persen,” papar Saiful dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/2).

Pendiri SMRC ini menjelaskan bahwa umumnya Ganjar cukup kompetitif jika dipasangkan dengan calon selain Puan. Tapi, ketika dipasangkan dengan Puan, posisi Ganjar di bawah dua nama yang selama ini kompetitif dengannya, yaitu Prabowo dan Anies. Selisih antara pasangan Prabowo-Muhaimin dan Anies-AHY dengan Ganjar-Puan itu cukup signifikan.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini