Akhirnya, Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Masuk untuk WN Indonesia

KNews.id- Arab Saudi resmi mencabut larangan masuk langsung terhadap ekspatriat dari 20 negara, termasuk Indonesia. Melansir Arab News, Selasa (24/8), Kementerian Luar Negeri Arab Saudi resmi mencabut larangan masuk langsung terhadap ekspatriat dari 20 negara, termasuk Indonesia. Namun, pencabutan tersebut disertai dengan catatan bahwa Arab Saudi hanya memberikan izin masuk negaranya kepada mereka yang telah menerima dosis penuh vaksin Covid-19.

Selain Indonesia, 19 negara lain yang warganya kini boleh masuk Arab Saudi adalah Uni Emirat Arab (UEA), Lebanon, Mesir, India, Argentina, Jerman, Amerika Serikat (AS), Irlandia, Italia, Pakisan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, dan Jepang. Sebelumnya, pemerintah Arab Sausi melarang masuk warga adri 20 negara tersebut karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 secara global.

Terutama penyebaran kasus mutasi virus corona yang terjadi di beberapa negara seperti Inggris, Afrika Selatan dan Brasil. Walhasil, sejak Februari 2021, Arab Saudi mulai memperkatat arus masuk negaranya guna mencegah penyebaran kasus Covid-19. Saking ketatnya, larangan masuk juga diberlakukan bagi pelancong yang kedapatan transit ke salah satu dari 20 negara di atas dalam kurun waktu 14 hari sebelum bertolak ke Arab Saudi.

Kondisi terkini Arab Saudi

Menurut laporan Kementerian Kesehatan Arab Saudi, dalam kurun 24 jam sebelumnya, terkonfirmasi 353 kasus Covid-19 baru sehingga kini secara keseluruhan jumlahnya mencapai 542.707 orang.

Dari total kasus tersebut, jumlah kasus aktifnya sebanyak 4.377 orang dan 1.108 di antaranya dilaporkan dalam kondisi kritis.

Dengan jumlah kasus tertinggi tercatat di ibu kota Riyadh sebanyak 72 kasus, diikuti Mekah 66 kasus, Provinsi Timur 41 kasus, Jazan 34 kasus, dan Asir 30 kasus.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga mengumumkan bahwa telah ada 456 pasien yang pulih dari Covid-19, sehingga jumlah kesembuhannya menjadi 529.833 orang.

Baca Juga   Taufik Rendusara: Promosikan Babi Panggang untuk Lebaran, Orang Baik tapi Dungu

Tak hanya itu, pemerintah Arab Saudi pun sudah memberikan vaksin Covid-19 kepada warganya dengan jumlah lebih dari 34,46 juta dosis. (Ade/kmpstv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Contact me
email