spot_img
Rabu, Mei 8, 2024
spot_img

Ada Keanehan, Indonesia tak Kebanjiran Dolar AS

“Kelebihan rasio likuiditas ini salah satunya terlihat dari rendahnya loan-to-deposit ratio, dan pada akhirnya mengurangi insentif diantara perbankan untuk mengikuti BI dan menaikkan suku bunga,” katanya kepada CNBC Indonesia.

“Jika suku bunga deposito rupiah belum naik, maka instrumen lain termasuk deposito dollar juga tidak akan naik. Pada akhirnya perbedaan suku bunga Indonesia dengan luar negeri tetap lebar,” ujarnya.

- Advertisement -

Terlebih lagi, Singapura yang tingkat bunganya relatif lebih menarik, sehingga mengakibatkan masih tipisnya likuiditas dollar di perbankan domestik.

Alhasil, Bahana Sekuritas melihat melihat banyak pendapatan ekspor Indonesia disimpan di bank-bank Singapura di tengah-tengah fenomena surplus bertubi-tubi.

- Advertisement -

Hal ini dikarenakan bank di Negeri Jiran tersebut menawarkan lebih dari 3% setahun untuk dolar AS yang ditempatkan di deposito berjangka.

Kondisi tersebut semakin menegaskan bahwa windfall profit atau durian runtuh dari tingginya harga komoditas global yang selama ini diterima Indonesia dan tercermin dari surplus neraca perdagangan selama 29 bulan beruntun ternyata menguap ke negeri orang. (Ach/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini