spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Menang Tender Tol IKN Rp1,9 T, Wika Siap Bangun Infrastruktur Berkualitas

KNews.id-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika berhasil memenangkan tender proyek Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung, di Kalimantan Timur, senilai Rp 1,9 triliun.

Proyek jalan bebas hambatan berbayar ini dirancang membentang sepanjang 7,3 kilometer, menghubungkan wilayah Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

- Advertisement -

Perseroan mendapat kepercayaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengerjakan proyek ini bersama dengan PT PP (Persero) Tbk dan PT Jaya Konstruksi Tbk dalam sebuah KSO (kerja sama operasi).

Direktur Utama Wika Agung Budi Waskito menyatakan kesiapannya untuk ikut berkonstribusi menghasilkan karya infrastruktur terbaik dan berkualitas di IKN.

- Advertisement -

“Ini menjadi momentum awal yang baik bagi Wika sebagai BUMN Karya untuk mewujudkan pembangunan IKN. Dengan kapasitas, teknologi serta human capital yang handal, kami berkomitmen untuk mengukir karya-karya infrastruktur dengan kualitas terbaik,” tutur Budi dalam keterangannya kepada Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Selain infrastruktur konektivitas, Wika juga tengah mengikuti tender proyek IKN lainnya yang masih berproses di antaranya Kantor Presiden, jaringan perpipaan dan fasilitas pengolahan sampah terpadu.

- Advertisement -

Sementara itu, hingga Kuartal II-2022, perseroan telah membukukan laba kotor sebesar Rp 627,24 miliar atau meningkat sebesar 14,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Capaian ini didukung oleh penjualan perseroan sebesar Rp 7,18 triliun yang juga mengalami kenaikan sebesar 6,2 persen (YoY). Agung mengatakan, peningkatan performa penjualan ditunjukkan oleh segmen infrastruktur dan gedung yang naik dua persen, segmen industri penunjang konstruksi naik sebesar 9,8 persen, dan segmen realty dan properti yang melonjak 167,6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Sebagian besar pendapatan segmen realty dan properti dikontribusi oleh bisnis perhotelan sebagai buah dari dijalankannya proses holding hotel BUMN oleh anak usaha Wika yaitu WIKA Realty.

Sampai dengan bulan Juli, Perseroan berhasil membukukan kontrak baru sebesar Rp 14,67 triliun yang kontributor terbesarnya adalah berasal dari sektor infrastruktur dan gedung sebesar 58,4 persen, dan industri penunjang konstruksi sebesar 22,7 persen.

Tingginya perolehan kontrak baru pada segmen tersebut turut disebabkan oleh program pengembangan infrastruktur strategis yang masih didorong oleh Pemerintah Indonesia termasuk untuk menghadapi perhelatan G20. (Ach/Kmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini