spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Diduga, Inilah Bocoran Perombakan Jajaran Direksi dan Komisaris BRI dan BNI

KNews.id- Akhir Januari 2020 lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak jajaran direksi PT Asabri (Persero). Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Herman Hidayat dan Direktur Keuangan dan Investasi Rony Hanityo Apriyanto dicopot.

Pekan ini, BUMN Perbankan yang akan menjadi sasarannya. Sumber dari Tim Investigator KN mengatakan, perombakan pejabat BUMN kabarnya juga akan terjadi di lingkungan bank-bank pelat merah.

- Advertisement -

Sebut saja Bank Negara Indonesia (BNI) yang kabarnya akan mengalami perombakan jajaran direksi. Terlebih masa jabatan direktur utamanya akan berakhir pada Maret mendatang.

“Semua akan terjadi pergantian, ditunggu saja,” kata Sumber KeuanganNews.id di KemennegBUMN.

- Advertisement -

Ia menambahkan, dari tiga BUMN perbankan, BNI yang paling banyak mengalami perombakan.

“Komut dan dirut yang menjadi sasaran.Ssaya tidak dapat sebut nama tapi hanya institusinya saja” ujarnya.

- Advertisement -

Ia menjelaskan, bahwa di perbankan BUMN masih banyak yang terdapat aura-aura menteri yang sebelumnya.

“Hal itu harus dirapikan,” tegasnya

Ia menekankan, hal ini sesui dengan visi dan misi perusahaan.

“Ini semua sesuai dengan apa yang terjadi,” tambahnya

Oleh sebab itu, KeuanganNews.id memaparkan apa yang telah ia sajikan, namun hal ini masih tentative tergantung kondis, berikut hasil paparanya dari BNI dan BRI:

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Di bank plat merah ini, yang dipimpim oleh Soenarso, akan sedikit mengalami perombakan terutama Komisaris Utama (Komut). Karena menurut sumber kami, posisi komut itu merupakan kepanjangan tangam dari menteri. Ia adalag Wakil Menteri Kemeneg BUMN. Selain komut, juga ada komisaris yang akan digeser. Sementara untuk jajaran direksi, Soenarso sepertinya akan aman. Hanya saja direksi yang lain yang menjadi fokus. Dari 12 direksi di BRI, sepertinya akan diisi oleh pihak lain. Seperi dari Mandiri dan Internal. Sementara, Direktur Keuangan adalah keyperson, apakah ia akan diganti atau tidak? Kita tunggu besok!

  • Bank Negara Indonesia (BNI)

Di bank yang dipimpin oleh Achmad Baiquni akan menjadi perombakan habis-habisan. Diduga, hal ini karena, aura menteri yang sebelumnya masih terasa. Apalagi, Direktur Keuangan BNI, Ario Bimo yang katanya masih ada kekerabatan dengan Rini Suwandi. Bagaimana dengan Direktur Utama (dirut)? Sepertinya akan mengalami perombakan dan jajaran lainnya. Di jajaran komisaris pun demikian. Komisaris Utama akan diganti dan beberapa komisari. Kesebelah direksi BNI, akan diisi oleh orang-orang dari kalangan Mandiri, BRI, dan dari internal sendiri.

Moga-moga hal ini, dapat menjadi pelajaran untuk kita. Agar dikemudian hari menjadi pelajaran, janganlah kepentingan ekonomi dicampur aduk dengan kepentingan politik. (FT&Tim Investigator KN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini