spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Bankir-bankir Kopi Darat, Ini Sederet Curhatan ke Bos OJK

KNews.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pertemuan dengan pimpinan sejumlah bank papan atas Tanah Air. Dalam pertemuan ini, pelaku industri menyampaikan beberapa masukan untuk dipertimbangkan oleh OJK.

Dalam keterangan resminya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan akan mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi perhatian para bankir ini.

- Advertisement -

Beberapa masukan tersebut seperti penyediaan platform marketplace dan pemanfaatan usance letter of credit (L/C).

L/C adalah perjanjian yang diterbitkan oleh suatu bank yang bertindak atas permintaan nasabah (importir/ applicant/ accountee) untuk melakukan pembayaran atas dokumen ekspor-impor yang dikirimkan oleh penerima L/C (eksportir/ beneficiary). Adapun L/C usance adalah L/C yang jatuh temponya berjangka sesuai dengan tenornya, biasanya 30, 60, 90, 120, atau 180 hari.

- Advertisement -

 

Selain itu, para bankir ini juga meminta insentif tambahan untuk membantu menggairahkan kembali sektor properti. Mereka juga meminta untuk meningkatkan peran perbankan swasta dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN).

- Advertisement -

Tak hanya itu, pelaku industri perbankan juga meminta peran OJK untuk melakukan komunikasi kepada pemerintah untuk memberikan relaksasi beberapa ketentuan termasuk meminta keringanan pajak untuk sementara.

Dalam kesempatan itu, Ketua Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) Sunarso menyambut baik kebijakan OJK di masa pandemi khususnya restrukturisasi kredit yang sudah diperpanjang hingga Maret 2022 serta diperbolehkannya debitur melakukan restrukturisasi ulang dalam jangka waktu tersebut.

“Policy respon ini sangat tepat. Kami menyambut baik,” kata Sunarso yang juga merupakan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) ini.

Dia juga menyebutkan bahwa saat ini kondisi perbankan masih cukup baik untuk mendorong pemulihan ekonomi. Sejalan dengan itu, Direktur Utama PT Bank Centra Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja menyatakan optimismenya terhadap kondisi perekonomian nasional akan membaik mengingat pada kuartal empat 2020 kredit perbankan sudah positif dan diharapkan pada tahun ini semakin tumbuh dengan adanya vaksin Covid-19.

Pertemuan tersebut dihadiri secara fisik oleh Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Darmawan Junaidi, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Royke Tumilaar dan Plt Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) Nixon L.P Napitupulu.

Lalu juga ada Direktur Utama PT Bank Shinhan Indonesia Hwang Dae Geu, Direktur Utama PT Bank Danamon Tbk (BDMN) Yasushi Itagaki, Direktur Utama Citibank Indonesia Batara Sianturi, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) Tigor M. Siahaan, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Hery Gunardi dan Direktur Utama PT Bank DKI Zainuddin Mappa. (Ade)

 

Sumber: CNBCIndonesia

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini