spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

KNews.id –  Obat asam urat ala rumahan bisa menjadi solusi bagi Anda yang menderita penyakit ini. Penderita asam urat dapat mencari pengobatan asam urat alami untuk membantu meringankan gejalanya lebih cepat.
Apa Penyebab Asam Urat?
Asam urat adalah sejenis radang sendi yang ditandai dengan nyeri hebat yang tiba-tiba, kemerahan, panas, bengkak, dan nyeri pada persendian. Biasanya menyerang sendi besar jempol kaki, namun gejalanya juga bisa terjadi pada:

  • Kaki
  • Pergelangan kaki
  • Lutut
  • Tangan
  • Pergelangan tangan

Serangan biasanya berlangsung sekitar lima hingga 10 hari. Asam urat lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin, zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh dan makanan tertentu.

- Advertisement -

Makanan yang tinggi purin antara lain:

  • Minuman beralkohol
  • Daging merah
  • Daging organ
  • Ikan dan kerang
  • Sayuran termasuk asparagus, kembang kol, dan bayam
  • Jamur

Pengobatan Rumahan

- Advertisement -

Ada beberapa pengobatan rumahan yang sering digunakan untuk mengobati asam urat. Sejauh ini, penelitian yang mendukung penggunaan pengobatan ini masih terbatas. Namun Anda bisa mencoba obat asam urat yang alami ini.

1. Vitamin C

- Advertisement -

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat, cara kerja vitamin C terhadap asam urat ini ternyata cukup simpel. Saat vitamin C masuk ke dalam tubuh manusia, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih melalui urine.

Perlu dicatat bahwa vitamin C juga dapat mengganggu beberapa obat, seperti obat kemoterapi kanker dan statin. Jika Anda mengidap asam urat sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter Anda.

2. Ceri

Ceri adalah obat rumahan yang populer untuk asam urat. Jumlah yang biasanya disarankan adalah antara setengah cangkir dan satu pon ceri sehari. Sebagai obat asam urat, buah ceri dimakan atau diblender lalu diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Ekstrak ceri juga tersedia di beberapa toko makanan kesehatan.

3. Mengistirahatkan Sendi yang Terkena

Obat asam urat ala rumahan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengistirahatkan sendi yang terkena. Boba angkat sendi yang terkena dan berjalan dengan tongkat dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi yang nyeri.

4. Mengompres Sendi

Kompres sendi yang terkena dengan es untuk meredakan pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan. Ini adalah salah satu cara untuk mengobati asam urat.

5. Minum Banyak Cairan

Anda sebaiknya minum banyak cairan terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi sebagai obat asam urat. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.

6. Diet dan Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram saja dapat mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda, yang berarti lebih sedikit kambuhnya asam urat. Berat badan yang lebih sedikit juga dapat mengurangi tekanan pada persendian Anda.

7. Olahraga

Meningkatkan tingkat aktivitas Anda membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kondisi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, yang umum terjadi pada penderita asam urat. Tentu saja, Anda sebaiknya tidak berolahraga saat mengalami asam urat yang kambuh.

8. Mengurangi Stres

Stres memang bukan penyebab langsung asam urat, tetapi dapat memperburuk gejala asam urat dan meningkatkan risiko serangan asam urat. Stres dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat menyebabkan tubuh menahan purin. Purin adalah zat yang dipecah menjadi asam urat dalam tubuh.

(Zs/S.Co)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini