spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

7 Cara Cepat Menghilangkan Nyeri Asam Urat Secara Alami

KNews.id – Penyakit asam urat yang tiba-tiba kambuh memang sangat mengganggu. Apalagi nyerinya yang sangat tidak tertahankan. Asam urat sering menyerang jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Ketika asam urat mulai kambuh, ada beberapa cara alami yang cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri asam urat.

Berikut informasi selengkapnya di bawah ini :

- Advertisement -

1. Minum Banyak Air

Untuk mengurangi bengkak dan peradangan akibat asam urat, kamu perlu mengonsumsi banyak air putih. Dengan mengonsumsi banyak air putih, dapat mendorong ginjal untuk mengeluarkan cairan berlebih, sehingga mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi.

- Advertisement -

Tak hanya air putih, kamu juga dapat mengonsumsi teh herbal dan sup kaldu untuk mengurangi nyeri asam urat.

2. Air lemon

Air lemon ternyata juga dapat membantu mengurangi nyeri asam urat. Hal ini sesuai dengan studi yang dipublikasikan BMJ Journal tahun 2015, bahwa minum jus dari dua buah lemon yang dicampur dua liter air setiap hari dapat mengurangi nyeri akibat peradangan asam urat dan menetralkan kadarnya.

- Advertisement -

Selain itu, penelitian lain dari Science Direct tahun 2017 tentang manfaat mengonsumsi segelas air lemon segar selama enam minggu pada pengidap asam urat juga menemukan hasil yang sama.

3. Jus Ceri

Jus ceri mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat mendorong asam urat keluar melalui urine. Sementara itu, penelitian yang diterbitkan National Institute of Health pada Maret 2020 menyebutkan, bahwa konsumsi ceri dikaitkan dengan penurunan risiko asam urat berulang.

Namun, jus ceri juga bisa berpotensi meningkatkan risiko batu ginjal. Karena itu, bagi pengidap gangguan ginjal perlu berhati-hati jika ingin meminumnya.

4. Kopi

Kopi ternyata juga dapat mengurangi nyeri asam urat. Menurut studi analisis 152.634 subjek pada tahun 2019 di Jepang, bahwa meminum segelas kopi setiap hari dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah risikonya. Namun, ini hanya berlaku untuk kopi murni tanpa tambahan gula ataupun susu berlemak.

5. Gunakan Es Batu

Salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi peradangan asam urat ialah dengan mengompres sendi menggunakan bongkahan es batu yang tertutup kain. Kompres selama 20-30 menit setiap hari untuk membantu meredakan nyeri.

6. Gunakan Kaos Kaki yang Longgar

Tak ketinggalan, kamu juga perlu menghindari menggunakan kaos kaki ketat. Pasalnya, kaos kaki ketat dapat memberikan tekanan serius pada jari-jari, sehingga menambah rasa nyeri.  Untuk mengurangi nyeri asam urat, gunakan kaos kaki yang longgar untuk menjaga kaki tetap hangat tanpa sakit.

7. Menopang Sendi

Untuk mengurangi nyeri asam urat, kamu dapat menopang sendi. Jika jempol kaki terkena asam urat, kamu dapat menyandarkannya di atas bantal atau bangku.  Cara ini dapat mengarahkan aliran darah dan cairan menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

(Zs/Bt)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini