spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

6 Ibadah yang Pahalanya Setara Haji, Apa Saja?

KNews.id – Jakarta, Haji adalah ibadah dengan pahala yang besar. Ternyata, ada ibadah yang pahalanya setara haji.

Meski demikian, H. Brilly El-Rasheed, S.Pd dalam buku Al-Bait: Misteri Sejarah Ka’bah dan Hilangnya Di Akhir Zaman menjelaskan amalan-amalan yang berpahala seperti atau setara pahala haji tidak akan menghapus kewajiban haji.

- Advertisement -

Bila memang amalan ini setara dengan pahala haji maka tidak akan ada yang melaksanakan haji dan umrah sejak zaman Rasulullah SAW. Bahkan Nabi Muhammad SAW yang menunaikan amalan-amalan tersebut masih melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Mengutip dari buku Setia (Selagi Engkau Taat dan Ingat Allah) karya Yasir Husain inilah ibadah yang pahalanya bisa menyamai pahala seorang yang telah berhaji.

- Advertisement -

6 Ibadah yang Pahalanya Setara Haji

1. Melaksanakan Salat 5 Waktu

- Advertisement -

Bila ingin mendapatkan pahala yang besarnya menyamai pahala haji, tetapi belum diberikan kemampuan untuk bisa menunaikan ibadah haji, bisa dengan merutinkankan salat 5 waktu di masjid.

Tidak perlu menunaikan ibadahnya untuk mengganti pahala haji dan umrah, cukup niatkan sebagai mestinya yaitu niat ibadah salat wajib. Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فِي الْجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ = وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

Artinya: “Siapa yang berjalan menuju salat wajib berjemaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju salat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.” (HR Thabrani)

2. Salat Isyiraq

Salat lainnya yang mempunyai pahala setara haji adalah salat Isyiraq. Berikut ini tata cara pelaksanaan salat Isyiraq.

Salat Subuh berjamaah di masjid

Berdiam untuk berzikir dan melakukan kegiatan bermanfaat
Saat matahari mulai setinggi tombak, kerjakanlah salat Isyiraq dua rakaat, atau salat dhuha di awal waktu.
Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan salat Subuh dengan berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan salat sunnah dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna.” (HR Thabrani)

3. Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid

Ibadah lain yang berpahala setara haji adalah menghadiri majelis ilmu di masjid. Dari Abu Umammah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُرِيدُ إِلَّا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٌ تَامَّا حَجَّتُهُ

Artinya: “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR Thabrani)

4. Bertasbih, Bertahmid, dan Bertakbir setelah Salat

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Ada orang-orang miskin datang menghadap Rasulullah SAW. Mereka berkata, orang-orang kaya itu pergi membawa derajat yang tinggi dan kenikmatan yang kekal.”

“Mereka salat sebagaimana kami shalat. Mereka puasa sebagaimana kami berpuasa. Namun mereka memiliki kelebihan harta sehingga bisa berhaji, berumrah, berjihad serta bersedekah.”

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian aku ajarkan suatu amalan yang dengan amalan tersebut kalian akan mengejar orang yang mendahului kalian dan dengannya dapat terdepan dari orang yang setelah kalian. Dan tidak ada seorang pun yang lebih utama daripada kalian, kecuali orang yang melakukan hal yang sama seperti yang kalian lakukan. Kalian bertasbih, bertahmid, dan bertakbir di setiap akhir shalat sebanyak tiga puluh tiga kali.”

5. Umrah di Bulan Ramadan

Mengutip buku 10 Sebab Dicintai Allah karya Abdul Aziz Mustafa disebutkan suatu cerita oleh Abu Dawud RA bahwa salah seorang perempuan meminta kepada suaminya agar ia bertanya kepada Rasulullah SAW.

Suami itu bertanya, “Ibadah apa yang pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji bersamamu (Rasulullah)?”

Rasulullah kemudian menjawab, “Ucapkanlah assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh (dariku) kepadanya dan katakan kepadanya bahwa ia bisa mendapatkan hal itu dengan melakukan umrah bersamaku pada bulan Ramadan. ”

6. Berbakti kepada Orang Tua

Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah, dan berjihad.” (HR Thabrani dan Baihaqi) Bila orang tua sudah tiada, masih bisa mendapatkan keutamaannya dengan cara di bawah ini.

Mendoakan keduanya

  • Banyak berdoa supaya Allah SWT mengampuni kedua orangtua
  • Penuhi janji atau wasiat mereka
  • Menjalin hubungan silaturahim dengan keluarga dekat
  • Memperlakukan teman dekat keduanya dengan baik
  • Bersedekah atas nama orangtua

    (Zs/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini