spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

5 Kebiasaan Pagi yang Penting Dilakukan untuk Jaga Kadar Gula Darah

 

KNews.id – Jakarta ,Terkadang tak disadari, rupanya kebiasaan di pagi hari bisa menjadi penentu kondisi kesehatan seseorang. Terdapat beberapa kebiasaan sederhana dan sehat yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan gula darah ke tingkat normal dan mempertahankannya sepanjang hari.

- Advertisement -

Bagaimana kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan. Berikut ini sederet tipsnya dikutip dari Eat This, Kamis (11/4/2024):

1. Minum Air Putih

- Advertisement -

Langkah sederhana untuk menjaga tingkat gula dalam darah adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi. Minum air yang cukup dapat membantu menurunkan gula darah dengan ‘mengencerkan’ jumlah gula dalam aliran darah.

Faktanya, gula darah tinggi dan dehidrasi kerap muncul bersamaan. Minum air dapat mencegah gula dalam darah menjadi terkonsentrasi. Ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak air, maka ini juga dapat membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi asupan minuman manis.

- Advertisement -

2. Sarapan

Walaupun terdengar sebaliknya, nyatanya sarapan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Beberapa orang memperhatikan bahwa semakin lama mereka tidak makan, semakin tinggi pula gula darah mereka.

Proses ini dikenal sebagai glukoneogenesis atau proses pembuatan gula darah yang disimpan di hati untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi tanpa makanan.

“Tanpa makanan dalam jangka waktu lama dapat memicu stres pada tubuh, menyebabkan gula darah meningkat. Saat kita bangun di pagi hari, gula darah kita mungkin meningkat, dan sarapan yang seimbang dapat membantu menstabilkan atau menurunkannya,” ucap ahli diet Patricia Kolesa, MS, RDN.

3. Utamakan Protein

Mengutamakan sarapan tinggi protein sudah terbukti menstabilkan kadar gula darah tinggi dan rendah sepanjang hari. Salah satu teorinya adalah karena protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna, dan gula darah tidak langsung naik.

Sarapan tinggi protein menciptakan aliran energi yang lebih lambat dan stabil. Kondisi ini dapat memberikan efek bertahan sepanjang hari. Beberapa jenis makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan antara lain telur, greek yogurt, hingga smoothie dengan tambahan protein bubuk.

4. Jalan Kaki Usai Sarapan

Aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu melatih otot-otot dan membantu menurunkan kadar gula darah. Otot akan menggunakan glukosa sebagai energi dan saat berolahraga, tubuh akan mengeluar gula darah dari aliran darah dan menggunakannya.

Secara alami, kondisi ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan memulai hari dengan baik. Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki dua menit setelah makan dapat membantu menurunkan gula darah secara signifikan.

“Jalan-jalan setelah sarapan memindahkan gula darah dari aliran darah ke sel-sel Anda untuk digunakan sebagai energi, sehingga menurunkan gula darah Anda. Sebagai bonus, aktivitas fisik dapat membantu menjaga gula darah tetap sehat dan stabil sepanjang hari,” ucap ahli diet Brittany Crump, MPH, RD, LD, CDCES.

5. Sadar Kafein

Jika suka minum kopi di pagi hari, penting untuk seseorang memiliki kesadaran terkait konsumsi kafein. Kafein yang dikonsumsi dengan jumlah yang tidak benar bisa justru berdampak kurang baik untuk kesehatan.

Kafein meningkatkan hormon stres yang membantu menciptakan perasaan waspada dan terjaga yang kita kaitkan dengan minuman pagi kita. Namun, hal ini juga mengaktifkan serangkaian peristiwa yang meningkatkan gula darah.

Untuk mengurangi pengaruh kafein terhadap gula darah, pastikan untuk tetap terhidrasi, makan sarapan yang seimbang, dan jangan melebihi batas kafein harian 400 mg.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini