spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

4 Cara Menghapus Data Diri di Pinjol agar Tidak Ditagih DC Lapangan Apalagi Sebar Data!

KNews.id – Memiliki pinjaman online (pinjol) memang cukup membuat resah karena rawan spam apalagi data diri yang dimasukkan dalam aplikasi bisa dengan mudah disalahgunakan. Apalagi banyak beredar pinjol ilegal yang memiliki keamanan data sangat minim sehingga data diri pribadi yang dimasukkan bisa saja bocor ke pihak lain.

Belum lagi adanya teror dari para debt collector atau DC lapangan pinjol tersebut yang banyak meresahkan nasabah khususnya yang memiliki tunggakan dalam cicilan.

Tak jarang juga para DC lapangan menagih dengan keras bahkan disertai ancaman dan teror kepada nasabah juga penyebaran data pribadi kepada seluruh kontak. Untuk meminimalisir kejadian atau hal-hal yang meresahkan dan merugikan tersebut, ada baiknya masyarakat harus mulai memperhatikan keamanan data diri sendiri.

- Advertisement -

Bagi yang pernah memasukkan data diri ke aplikasi pinjol, sebaiknya segera hapus seluruh data diri yang pernah dimasukkan. Mulai dari foto KTP, foto selfie, biodata terkait keluarga, nomor telepon, nama ibu kandung dan data-data krusial lainnya yang rawan untuk disalahgunakan. Sebelumnya, kamu sebaiknya juga harus tahu mengapa harus menghapus data diri di aplikasi pinjol.

Dengan menghapus data diri dari aplikasi pinjol, kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan tawaran-tawaran lain dari aplikasi pinjol lainnya.

- Advertisement -
Kemudian kamu juga bisa melindungi data kontak di HP dari kemungkinan kejamnya teror para DC, dan terakhir adalah menghindari resiko kebocoran data.

CARA MENGHAPUS DATA DIRI DI PINJOL

1. Menghapus Data di Dalam Aplikasi Pinjol

Cara pertama yang ingin kamu lakukan pasti adalah dengan melakukan uninstall aplikasi pinjol tersebut, kan?  Tunggu dulu, jangan lakukan uninstall sebelum kamu lakukan hal berikut ini.

- Advertisement -

Kamu harus menghapus seluruh data terlebih dulu di aplikasi tersebut agar aman, caranya adalah:

– Masuk ke menu ‘Pengaturan’.
– Gulir ke bawah sampai menemukan opsi ‘Aplikasi’, lalu klik ‘Kelola Aplikasi’
– Cari dan pilih aplikasi pinjaman online yang ingin digunakan.
– Ubah izin akses tersebut dengan melalui ‘Perizinan aplikasi’.
– Matikan semua perizinan di aplikasi tersebut.
– Selamat, aplikasi pinjaman online tersebut tidak lagi mengakses data di HP-mu.

2. Uninstall dan Hapus Aplikasi Pinjol

Setelah akses perizinan diubah, barulah kamu bisa uninstall aplikasi pinjaman online tersebut. Caranya mudah, cukup hold ikon aplikasi pinjaman online yang digunakan, kemudian klik ‘Uninstall’.

Kamu pun dapat menghapusnya dari toko aplikasi dengan memasukkan nama aplikasi tersebut di kolom pencarian, lalu pilih menu ‘Uninstall’.

3. Hubungi Call Center

Bagaimana jika masih mendapatkan tagihan pembayaran meski utang telah dibayar penuh?

Kamu dapat menghubungi call center penyedia pinjaman online tersebut dan menjelaskan kronologis kejadian serta memberikan bukti pelunasannya. Ajukan permohonan penghapusan data supaya tidak disalahgunakan.

Perusahaan pinjaman online yang legal pasti memiliki call center yang bertanggung jawab dan siap menghadapi masalah tersebut.

4. Hubungi OJK

Kamu bisa langsung menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna meminta perlindungan apabila kamu merasa sudah tidak aman lagi ketika mendapat ancaman dari DC pinjol Langkah ini bisa kamu lakukan sebagai opsi terakhir jika tiga langkah di atas tidak berhasil membuatmu jauh dari teror meskipun kamu sudah tidak memiliki tagihan.

Demikian 4 cara menghapus data diri pada aplikasi pinjol agar tetap aman dan jauh dari teror DC lapangan.  (Zs/AB)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini