spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

3 Waktu Terbaik untuk Sholat Tahajud

KNews.id – Jakarta Selain melaksanakan sholat fardhu, kita juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah sebagai pelengkap dan penyempurna ibadah. Salah satunya adalah sholat sunnah tahajud. Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang luar biasa bagi mereka yang menjalankannya.

Sholat sunnah ini menjadi ibadah malam yang begitu istimewa. Sehingga sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk menjadikannya sebagai ibadah rutin harian.

- Advertisement -

Sholat tahajud dilakukan setelah terbangun dari tidur di sepertiga malam. Namun demikian, beberapa masih banyak yang belum mengetahi bahwa ada beberapa kategori sepertiga malam.

Hal ini sebagaimana yang dituliskan di dalam kitab suci Al-Qur’an dan sunnah sehingga dapat menjadi acuan. Mengutip dari laman merdeka.com, berikut adalah 3 waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud.

- Advertisement -

Waktu Terbaik Sepertiga Malam Pertama

Waktu terbaik sholat tahajud ialah di sepertiga malam. Namun ada beberapa kategori waktu sepertiga malam yang perlu Anda pahami. Waktu itu terjadi pada rentang salat Isya’ hingga pukul 22.00.

Namun untuk mengerjakannya harus diawali dengan tidur terlebih dahulu. Perlu dipahami bahwa sebenarnya tidak ada batasan mengenai banyaknya rakaat menjalankan sholat tahajud. Namun agar tetap keistimewaannya terjaga dan bisa diraih, hendaknya perlu diikuti dengan istiqomah.

- Advertisement -

Waktu Terbaik Sepertiga Malam Kedua

Waktu terbaik sholat tahajud berikutnya adalah di sepertiga malam yang kedua. Biasanya sepertiga malam kedua ini terjadi pada rentan waktu pukul 22.00 hingga 01.00. Waktu sholat tahajud yang satu ini memang sedikit sulit diterapkan. Karena kebanyakan orang tidak bisa bangun di waktu-waktu tersebut.

Konon, waktu sepertiga malam yang kedua ini dipercaya memiliki fadhilah dan keistimewaan yang besar. Semua itu akan didapatkan seorang kaum muslim apabila menjalankan sholat tahajud.

Waktu Terbaik Sepertiga Malam Terakhir

Melaksanakan sholat sunnah pada sepertiga malam terakhir memang adalah waktu yang paling utama. Apabila direntangkan, waktu sepertiga malam terakhir ini terjadi di antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki subuh.

Dalam hadist riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan:

“Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”

(Zs/Lptn6)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini