Bantu UKM mengelola pelanggan dengan lebih mudah & hemat, serta mengoptimalkan komunikasi bisnis dalam satu dashboard singkat.
KNews.id – Jakarta, 20 Maret 2025 – Adaptasi merupakan kemampuan sebuah sistem atau layanan dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna yang dinamis. Adaptasi penting dilakukan oleh penyedia platform digital. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti pengembangan fitur baru, peningkatan antarmuka pengguna, integrasi teknologi terbaru, serta implementasi dalam memenuhi permintaan pasar. Adaptasi memastikan platform tetap relevan, efisien, dan kompetitif di tengah dinamika teknologi dan persaingan yang ketat.
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Omni Communication Assistant (OCA) terus berinovasi dengan menghadirkan OCA Interaction Lite, solusi CRM dengan harga yang lebih terjangkau dan fitur yang lebih sederhana. Layanan ini dirancang khusus untuk membantu UKM mengelola data pelanggan tanpa kendala biaya tinggi atau kerumitan, sehingga mendukung pertumbuhan bisnis mereka secara efektif.
Bukan tanpa landasan, dalam banyak rilis kita mengetahui jika UKM merupakan roda penggerak ekonomi bangsa yang menyumbangkan sebagian besar dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.
“Potensi UKM di Indonesia sangat besar dan mewujudkannya juga begitu nyata, sehingga kami banyak mengembangkan solusi digital untuk mendorong peningkatan potensi UKM tersebut,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
Platform OCA Interaction Lite memungkinkan integrasi berbagai saluran komunikasi, seperti komentar facebook, facebook messenger , komentar instagram, dan pesan langsung dalam satu dashboard singkat. Solusi ini bisa digunakan secara maksimal oleh UKM yang membutuhkan solusi komunikasi seperti CRM.
Fitur Unggulan OCA Interaction Lite
Transformasi OCA Interaction Lite menghadirkan sejumlah fitur yang relevan bagi UKM. Peran utamanya sebagai pendukung operasional bisnis UKM yang juga dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Proses transformasi fitur itu dapat terlihat pada:
Integrasi Kanal Komunikasi yang Terfokus
Dalam versi Lite , UKM dapat mengelola pesan dan komentar dari media sosial teraktif di satu dashboard . Fokus pada platform teraktif bagi UKM ini memberikan solusi untuk interaksi pelanggan. Sementara itu, versi reguler menawarkan saluran komunikasi tambahan seperti platform chat dan Webchat untuk perusahaan besar.
Fitur Label untuk Pengelolaan Percakapan
Fitur ini memungkinkan tim layanan pelanggan menandai percakapan berdasarkan kategori tertentu. Pengelompokan yang terorganisir membuat agen dapat lebih mudah melacak status interaksi dengan pelanggan, memberikan respon yang lebih cepat, dan meningkatkan efisiensi operasional.
Pengelolaan Data Pelanggan dengan Fitur Kontak
Fitur Kontak memungkinkan UKM menyimpan dan mengakses informasi pelanggan di satu tempat, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan relevan. Yang mana hal ini sangat penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Basis Pengetahuan untuk Konsistensi Jawaban
OCA Interaction Lite dilengkapi dengan Knowledge Base untuk mendukung layanan yang cepat dan akurat. Knowledge Base menjadi pusat informasi internal yang membantu tim memberikan jawaban yang konsisten kepada pelanggan.
Templat Balasan Cepat untuk Respons Cepat
Template balasan tentu sangat membantu UKM menjawab pertanyaan standar pelanggan, seperti jam operasional atau detail produk, tanpa harus mengetik berulang-ulang. Efisiensi ini memungkinkan agen customer service melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu lebih singkat.
“Agar upaya kami mendukung pertumbuhan bisnis UKM dapat berjalan optimal, maka kami terus mengembangkan inovasi menuju solusi digital. Tentunya kami juga berharap mendapat masukan positif dari berbagai pihak untuk terus menghadirkan solusi yang lebih relevan,” tambah Komang.
Inovasi OCA melalui OCA Interaction Lite menjadi bukti komitmen Telkom dalam menghadirkan teknologi berkelanjutan yang lebih terjangkau sekaligus fleksibel bagi UKM. Sekaligus menjadi upaya meningkatkan kesejahteraan UKM itu sendiri. Saat ini, UKM bisa lebih memaksimalkan lagi bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang relevan sesuai kebutuhan mereka. Melalui OCA Interaction Lite, Telkom ingin memberikan peluang bagi UKM untuk mengelola interaksi pelanggan mereka dengan cara yang lebih profesional dan efektif tanpa perlu berinvestasi besar di awal.
Temukan berbagai solusi digital yang ditawarkan OCA yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas layanan pelanggan, memperkuat loyalitas, dan membuka jalan menuju pertumbuhan berkelanjutan lainnya, di sini https://leaptelkom.me/OcaInteractionLite .
#MeningkatkanMasaDepanAnda
(FHD/TLKM)