spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

YouTube akan Potong Pajak YouTuber Non-AS, Lalu Bagaimana dengan Indonesia?

KNews.id- Platform Youtube bakal mulai memungut pajak dari para kreator konten di seluruh dunia, khusus untuk mereka yang bukan berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Aturan ini mencangkup semua channel yang terdaftar di platform milik Google tersebut.

Lantas bagaimana di Indonesia?

- Advertisement -

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Neilmaldrin Noor, mengatakan, secara teknis dan mekanisme dikenakannya pajak atas penghasilan yang diterima oleh Wajib Pajak Orang Pribadi termasuk Youtuber sudah sejak lama diatur dalam UU Pajak Penghasilan dan aturan pelaksananya.

“Hal ini dikarenakan penghasilan tersebut melekat pada penghasilan orang pribadi yang bersangkutan yang dikenakan Pajak Penghasilan berdasarkan UU Pajak Penghasilan dan aturan pelaksanaannya,” kata Noor saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (11/3).

- Advertisement -

Kata dia, berdasarkan aturan yang berlaku, batas waktu pelaporan SPT Tahunan untuk wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) pada 31 Maret dan WP badan pada 31 April setiap tahunnya. Pelaporan SPT Tahunan ini berlaku pajak tahun 2020.

“Jika penghasilan yang diterima youtuber, selebgram, artis, dan sejenisnya belum dipotong PPh oleh pihak lain, maka seluruh penghasilan tersebut dilaporkan di dalam SPT Tahunan kemudian dihitung berapa pajak terutang yang harus dibayar,” bebernya.

- Advertisement -

Dia  menjelaskan para selebgram, youtuber hingga artis diwajibkan melaporkan SPT Tahunan karena mereka orang pribadi yang memiliki NPWP dan penghasilannya berasal pekerjaan bebas. Adapun yang diwajibkan melaporkan SPT juga masyarakat yang memiliki NPWP.

“Baik penghasilannya dari usaha, sebagai pegawai swasta, termasuk penghasilan yang didapat lebih dari satu pemberi kerja, serta wajib pajak badan atau korporasi,” tandasnya.(Ade)

 

Sumber: IdxChn

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini