spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Wujudkan Guru PAUD Bersertifikat, Askrindo Gelar Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut Seluruh Indonesia

KNews.id – Jakarta , PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo menggelar kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut bagi 34 Guru PAUD yang berasal dari 34 Propinsi di seluruh Indonesia. Askrindo yang merupakan anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG), melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi atas jerih payah para guru PAUD sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dalam mengabdikan dirinya di bidang pendidikan Indonesia. Karena PAUD itu penting sebagai pondasi dalam untuk menanamkan karakter anak sejak dini untuk menyongsong generasi emas Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu dari tanggal 18 Desember s/d 23 Desember 2023 dilaksanakan secara Luring tersistem. Diklat ini merupakan Diklat Berjenjang pada Tingkat lanjut yang sebelumnya telah di laksanakan diklat dasar di tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan/atau penguasaan keterampilan dasar dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini yang dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi berbasis internet dengan moda luring tersistem,

- Advertisement -

Fankar Umran, Direktur Utama Askrindo mengatakan, penyelenggaraan Diklat ini dilatarbelakangi oleh pendidikan guru PAUD yang 50 persen merupakan tamatan SMA sederajat. “Kami melihat masih banyak guru PAUD, yang belum memahami secara utuh metode pembelajaran dan pola asuh bagi anak usia dini. Selain itu, melalui Diklat ini kami juga ingin memberikan wawasan yang lebih tepat tentang tahapan perkembangan anak usia dini, sehingga nantinya guru PAUD dapat memberikan pengajaran dengan tepat dan dapat diterima oleh anak-anak,” ucap Fankar.

Diklat Berjenjang merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Askrindo medukung program tersebut dengan menyelenggarakan Diklat Lanjut dimaksud agar guru PAUD memiliki sertifikasi yang diakui dan terstandar. Fankar menambahkan, melalui Diklat ini para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Kemendikbudristek dan diharapkan menjadi sebuah pengakuan atas kualifikasi guru PAUD yang kompeten. “Tidak dipungkiri guru PAUD merupakan sebuah profesi mulia, yaitu memberikan pengajaran, pendidikan yang paling dasar, pondasi bagi anak- anak nanti kedepannya. Oleh karena itu, kami disini ingin mewujudkan generasi emas Indonesia melalui guru PAUD yang juga memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni,” tambah Fankar.

- Advertisement -

Edi Eko Cahyono, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, sepenuhnya mendukung pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut yang diselenggarakan oleh Askrindo. Ia memberikan semangat bagi seluruh guru PAUD yang berasal dari serluruh Indonesia untuk mampu meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kualitas demi memberikan pengajaran bagi anak-anak yang lebih baik lagi. “Saya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh para guru PAUD disini. Mereka mengajar dari penjuru seluruh Indonesia dengan misi mulia, yaitu meningkatkan kemampuan mereka untuk bisa memberikan pengajaran yang terbaik bagi anak-anak di tempat mereka masing-masing,” ujar Edi.

Direktur GTK PAUD, yang dalam hal ini di wakili oleh Asih Priamsari, M.Psi pada sambutannya sebelum memulai kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat lanjut mengatakan sangat berterimakasih dan mengapresiasi Askrindo yang telah membantu Program Kemdikbudristek pada bidang pendidikan. “Kami berterima kasih dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Askrindo sampai sejauh ini, selain mendapatkan materi Diklat guru PAUD juga diberikan media penunjang pembelajaran berupa laptop. Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut yang ditujukan untuk guru PAUD di daerah-daerah yang masih belum tersentuh baik dari pihak pemerintah maupun swasta,” kata Asih

- Advertisement -

Asih juga menegaskan, kegiatan yang dilakukan Askrindo merupakan pelopor dari kalangan perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya (TJSL) dalam menyelenggarakan kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar. Diharapkan kedepannya Askrindo juga dapat mendukung penyelenggaraan Diklat Berjenjang pada Tingkat Lanjut dan Tingkat Mahir guna mewujudkan Guru PAUD yang berkualitas.  (Zs/ASK)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini