spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Wow…Laba Pupuk Indonesia Anjlok

KNews.id- Diketahui, laba PT Pupuk Indonesia mengalami penurunan yang amat dratis. Tapi, meskipun laba menurun, perseroan Pupuk Indonesia sepertinya masih amat ambisius, dibuktikan dengan adanya proyek pembangunan empat pabrik pupuk di berbagai daerah.

Rencana keempat proyek pabrik pupuk yang akan dibangun tersebut, seperti diketahui adalah pembangunan pabrik NPK di PT Pupuk Iskandar Muda sebesar 1 juta ton per tahun, PT Pupuk Kujang Cikampek sebesar 200.000 ton per tahun, PT Petrokimia Gresik sebesar 500.000 ton per tahun, dan PT Pupuk Kalimantan Timur sebesar satu juta ton per tahun.

- Advertisement -

Padahal pada tahun 2017 saja, laba perseroan PT Pupuk Indonesia telah mengalami kemerosotan sebesar Rp 450.5 miliar. Penurunan laba yang benar-benar sangat merugikan perseroan. Sebab laba pada tahun 2016 bisa sampai sebesar Rp 3,5 triliun, dan pada tahun 2017 menurun, hanya sebesar Rp 3 triliun. Jadi, dari tahun 2016 ke 2017 ini, perseroan pupuk Indonesia benar-benar apes, karena labanya turun sangat dratis.

Adanya penurunan laba usaha ini diketahui salah satu penyebabnya adalah turunnya pendapatan perseroan. Di mana pada tahun 2016 perseroan pupuk Indonesia pendapatan usahanya masih sebesar Rp 64.1 triliun, dan pada tahun 2017 pendapatan usaha hanya sebesar Rp 58.9 triliun. Jadi dari tahun 2016 ke tahun 2017, perseroan yang dipimpin oleh Aas Asikin Idat ini mengalami penurunan atau kehilangan pendapatan usaha sebesar Rp 5,2 triliun.

- Advertisement -

Maka untuk itu, tidak ada salahnya jika publik meminta kepada aparat hukum seperti Kejaksaan Agung untuk melakukan penyelidikan atas dugaan hilangnya pendapatan pupuk Indonesia sebesar Rp 5,2 triliun di tahun 2017 tersebut.(FT&Tim Investigator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini