spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

WNI asal Luar Negeri Tidak Boleh Karantina di Wisma Atlet

KNews – WNI asal luar negeri tidak boleh karantina di Wisma Atlet. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menekankan kembali aturan karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) selepas Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Seperti dikutip dari siaran pers Kemenko Perekonomian, Senin (27/12/2021), bagi PPLN, yaitu Pekerja Migran Indonesia (PMI), pelajar/mahasiswa, atau pegawai pemerintah yang kembali dari perjalanan dinas luar negeri, menjalankan karantina di fasilitas karantina pemerintah, dan wajib melakukan tes usap PCR dengan biaya ditanggung oleh pemerintah.

- Advertisement -

Sedangkan, bagi WNI di luar kriteria sebagaimana dimaksud pada poin sebelumnya, dan bagi para WNA, termasuk diplomat asing (di luar kepala perwakilan asing dan keluarga), harus menjalankan karantina di tempat akomodasi/hotel karantina, dan wajib melakukan tes usap PCR dengan biaya sendiri.

“Untuk kepala perwakilan asing dan keluarganya yang bertugas di Indonesia, dapat melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing,” ujar Airlangga.

- Advertisement -

Untuk fasilitas karantina pemerintah, menurut dia, kapasitas di Rusun Pademangan, Pasar Rumput, dan Nagrak sebanyak 13.618 orang.

Alternatif tambahan kapasitas fasilitas karantina pemerintah ada di Rusun Pulogebang, Daan Mogot dan LPMP dengan kapasitas sebanyak 3.612 orang. Sedangkan untuk karantina di hotel swasta, total kapasitas sebanyak 16.588 kamar.

- Advertisement -

“Fasilitas RSDC Wisma Atlet tidak untuk karantina bagi PPLN yang datang dari luar negeri, tapi untuk isolasi dan perawatan yang positif Covid-19.

Sedangkan untuk pelaksanaan karantina bagi WNI PPLN dapat dilakukan di fasilitas rusun-rusun atau tempat lain yang telah disiapkan,” kata Airlangga. (RKZ/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini