spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Whatsapp Terancam Diblokir Kominfo, ini Aplikasi Penggantinya

KNews – Whatsapp terancam diblokir Kominfo, ini aplikasi penggantinya. Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing maupun domestik diwajibkan untuk melakukan registrasi jika tidak ingin mengalami pemutusan akses oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Salah satu perusahaan besar yang belum melakukan pendaftaran adalah Meta, yang mana memayungi platform seperti Facebook, Instagram, Messenger dan WhatsApp.

- Advertisement -

Jika perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini tidak mendaftar hingga Rabu besok, 20 Juli 2022, maka masyarakat tidak lagi bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Namun jangan khawatir, ada beberapa aplikasi perpesanan instan yang sudah melakukan registrasi PSE sehingga mereka dijamin tidak akan terpengaruh oleh pemblokiran.

- Advertisement -

Daftar ini dibuat berdasarkan pantauan VIVA Tekno di situs pse.kominfo.go.id pada Selasa, 19 Juli 2022. Inilah beberapa alternatif aplikasi perpesanan instan untuk menggantikan WhatsApp:

Telegram

Pesaing berat WhatsApp ini terpantau telah terdaftar di PSE asing sejak 17 Juli 2022 dengan nama sistem Telegram Messenger.

- Advertisement -

Sebagian besar fitur Telegram juga hampir sama seperti WhatsApp, sehingga pengguna tidak akan merasa kerepotan jika menggunakan aplikasi ini sebagai pengganti WhatsApp.

Pada tahun 2017, Kementerian Kominfo pernah memblokir aplikasi asal Rusia ini karena dianggap sebagai sarang radikalisme dan terorisme. Pendirinya, Pavel Durov kemudian datang ke Indonesia untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah.

MiChat

Platform ini terdaftar dengan nama sistem MiChat Mobile Application System pada 11 Juli 2022. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2018 ini tersedia di Android dan iOS.

Sayangnya MiChat dikaitkan dengan prostitusi online karena maraknya Pekerja Seks Komersial (PSK) yang menggunakan platform ini untuk berkomunikasi dengan pelanggannya.

Salam

Aplikasi lokal ini terdaftar pada 14 Juli 2022. Salam dirilis pada tahun 2020 dan menyediakan fitur yang juga dimiliki WhatsApp, seperti pesan teks, obrolan grup dan video call.

Bahkan Salam memiliki cloud yang digunakan untuk backup dan restore chat serta file lama sehingga pengguna tidak dibebani masalah memori. Untuk melakukan obrolan bisa dengan nomor telepon atau ID.

TTChat

Ini adalah Aplikasi game untuk mabar atau berkomunikasi dengan grup dan teman baru.

Platform merupakan alat obrolan suara untuk game mobile populer seperti MLBB (Mobile Legends: Bang Bang), FF (Free Fire), Among us, PUBG, LOL, serta AOV (Arena of Valor).

IndoChat

IndoChat juga merupakan aplikasi lokal yang menawarkan kemampuan chatting dan media sosial.

Mereka memiliki lebih dari 1.000 stiker kreasi animator lokal. Adapun fitur yang ditawarkan adalah Lifestyle, Explore, Chatnews dan lain sebagainya. (RKZ/viva)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini