spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Waspada! Tsunami 34 Meter Berpotensi terjadi di Indonesia, Gempa Cianjur Menjadi Pemicu?

KNews.id- Gempa yang melanda Cianjur pada tanggal 21 November 2022 lalu membawa kepiluan bagi Indonesia. Tidak hanya kepiluan, ternyata gempa Cianjur juga bisa menjadi awal dari rangkaian bencana alam besar seperti tsunami.

Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa ada potensi tsunami yang bisa setinggi 34 meter di Indonesia. Ini berarti prediksi ketinggian tsunami yang dibuat melebihi tsunami di Aceh tahun 2004 lalu.

- Advertisement -

Seorang penulis utama dari BMGK ungkap bahwa potensi ini berkaitan dengan tingkat kegempaan yang tinggi di wilayah Jawa Barat dan Sumatra. Potensi ini merupakan akibat dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan juga subduksi di bawah lempeng Sunda.

Penelitian ini sama sekali bukan merupakan hasil rekayasa belaka, ini benar-benar nyata. Karena, penelitian ini merupakan hasil dari perkumpulan sejumlah ahli kegempaan dalam negeri, yaitu Dwikorita Karnawati, Tatok Yatimantoro, dari BMKG, dari BRIN, dan juga dari Universitas of Cambrige. Tim peneliti ini memanfaatkan katalog data seismik yang bersumber dari BMKG.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini