spot_img
Sabtu, Mei 11, 2024
spot_img

Wapres Minta BSI Berkembang Layani Transaksi Syariah Global

KNews.id- Dalam mewujudkan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, pemerintah beberapa waktu lalu telah membentuk Bank Syariah Indonesia. BSI dibentuk lewat penggabungan tiga bank syariah milik Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Kehadiran Bank Syariah Indonesia (BSI) diharapkan dapat menangkap momentum untuk mengakselerasi perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia. Pembentukan BSI merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pengembangan industri keuangan syariah. Lewat pembentukan ini, diharapkan bisa melayani transaksi domestik maupun global,” ungkap Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dalam IDX Channel Sharia Fair 2021, Senin (5/4).

- Advertisement -

Bahkan dengan pembentukan ini juga BSI diharapkan tidak hanya melayani transaksi pada tingkat korporasi besar saja. Akan tetapi juga bisa melayani skala kecil seperti pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Melalui penggabungan ini, BSI diharapkan dapat melayani transaksi baik domestik maupun global, dari skala kecil seperti UMKM sampai skala besar di tingkat korporasi baik di dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

- Advertisement -

Sekadar informasi, dari data dari Equity Daily Trading Publication Bursa Efek Indonesia (BEI) per 24 Februari 2021, nilai kapitalisasi pasar emiten kode saham BRIS sebesar Rp115 triliun.

Hasil merger tiga bank syariah BUMN itu mampu menghasilkan aset Rp240 triliun atau setara 16,78 miliar dolar AS. Dengan jumlah aset tersebut diyakini bisa masuk dalam jajaran 10 bank syariah terbesar di dunia.

- Advertisement -

Kemudian, aset BRIS sudah mencapai Rp240 triliun yang menempatkan emiten pada posisi bank dengan aset terbesar di posisi ke-7 di Indonesia. (ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini