spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Walau Jokowi Dekat dengan Prabowo, Batin dan Fisiknya untuk Megawati!

Oleh: Damai Hari Lubis, Pengamat Hukum dan Politik Megawati

KNews.id- Jokowi tidak akan kerasan diantara partai yang tokoh – tokohnya ” subtantif dan historis ” bukan yang turut sejak awal membesarkannya hingga menjadi Presiden dua periode (2014-2019), dan (2019 – 2024 ). Dan ingat Jokowi sudah diterima sebagai salah seorang tokoh wong cilik ditengah – tengah PDIP. Utamanya pada lapisan grassroots.

- Advertisement -

Oleh karenanya untuk figur meraih kemenangan Pilpres 2024, Jokowi tidak mau menjadi orang asing, terlebih jika dirinya harus meninggalkan PDIP. Kemudian bersosialisasi awal hanya untuk sekedar menjadi orang pinggiran dari partai – partai yang nyata memang telah memiliki banyak kader – kader senioren atau elite politik, yang jam terbang mereka telah mumpuni.

Maka untuk kursi RI.1 tetap diri dan para koleganya akan Ia prioritaskan di 2024 untuk kunci kemenangan capres dari PDIP. Sedangkan dirinya yang punya status play maker terhadap capres Prabowo Subianto, yang Ia dukung hanya bagian daripada planning atau agenda alternatif demi proteksi diri keluarga dan para kolega, paling tidak sebagai bukti Ia serius melakukan antisipasi terhadap kemenangan Anies serta sebagai gambaran politik dua kakinya ada di koalisi gabungan antara Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai koalisi besar partai – partai dan terhadap Capres PDIP. kelak. Dan konsentrasi Jokowi serius sesungguhnya berdasarkan alasan kenyamanan akan bermuara kepada capres PDIP.

- Advertisement -

Dan modal besar Jokowi untuk memenangkan ada di suara desa dan perangkat desa, dimana para kepala desa dan perangkat desa diseluruh tanah air yang berjumlah puluhan ribu, terbukti sudah Ia himpun dan teroraginisir dalam bentuk. Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), DPN Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas), dan akan dikerahkan demi mendapatkan suara siginifikan untuk orang yang Jokowi targetkan demi mendapatkan kemenangan, termasuk dana segar dari para cukong oligarki yang selama ini mendapatkan keuntungan besar daripada kepemimpinannya selama ini, akan Ia mintakan sumabngannya sebagai alat mensukseskan kemenangan pigur pilihan bakal presiden yang Ia dukung kelak.

Hal pengorganisiran dari himpunan Kades, staf desa serta aparatur desa yang ditengarai berjumlah ratusan ribu dari (50 – 60 Ribuan) desa, untuk (kesekian kali) pernah dikumpulkan oleh – nya di area Parkir Timur Senayan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, salah satunya pada momentum pagi Ahad, 19  Maret, 2023. Mereka yang hadir diperkirakan berjumlah puluhan ribu kepala desa, dan kehadiran mereka ini adalah dalam rangka  memperingati hari ” yang klasifikasinya cukup aneh,” yakni acara sembilan tahun Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dengan tajuk ” Membangun Indonesia dari Desa “.

- Advertisement -

Pemerintah Jokowi diketahui telah menggelontorkan Dana Desa pada tahun 2021 sebesar Rp 72 triliun, atau 2,3 persen dari total APBN. Jika dibagi rata maka setiap desa mendapatkan Dana Desa sekitar Rp 1 miliar per-tahun. Namun kini Apdesi menuntut kenaikan 10 % dari APBN. Atau sekitaran 10 Milyar setahun.

Sedangkan individu kepercayaan Jokowi yang mungkim akan dijadikan sebagai ujung tombak untuk menjembatani para tokoh desa adalah tokoh PDIP. Eks Ketua partai Rakyat Demokratik ( PRD ) yang publik kenal memiliki pemahaman politik yang cukup kental dengan warna yang ” beraroma sosialisme “, yakni tokoh haluan ” kiri, ” Budiman Sudjatmiko, yang nampak aktif mendorong lahirnya undang – undang desa.

Maka, Jokowi dan orang dekat yang juga kepercayaan Megawati Budiman Sudjatmiko tentu loyalitasnya tidak akan mudah bergeser daripada capres pilihan partai PDIP. yang kelak pada waktunya akan dipublis, besar kemungkinan capres dimaksud adalah Puan Maharani, anak ideologis dan biologis dari Megawati Soekarno Putri. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini