spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Waktu Terbaik Konsumsi Sarapan Menurut Ahli Gizi

 

KNews.id – Jakarta , Sarapan penting dilakukan setiap individu untuk mengisi energi harian. Biasa dilakukan pagi hari, ahli mengungkapkan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

- Advertisement -

Sarapan yang dilakukan setiap hari harus dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Makanan itu harus mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Waktu mengonsumsi sarapan memang di pagi hari. Dikarenakan untuk mengisi asupan harian pertama kali yang juga bermanfaat dalam menambahkan energi pada tubuh.

- Advertisement -

Beberapa orang ahli gizi mengungkapkan waktu terbaik mengonsumsi sarapan. Ini penting diperhatikan agar tak terjadi pola makan yang buruk dengan risiko metabolisme lebih tinggi.

Ahli giziPavithra NRaj asal India menekankan bahwa sarapan dapat dikaitkan dengan berbuka puasa. Biasanya setelah 10 hingga 12 jam puasa semalaman.

- Advertisement -

Artinya jika kamu sudah makan malam pada jam 8 malam, kamu siap berbuka puasa dengan sarapan sekitar jam 8 pagi. Usahakan untuk sarapan antara pukul 07.00 hingga 09.00, atau dalam waktu dua jam setelah bangun tidur.

Kamal Yadav selaku ahli diet juga menjelaskan tentang pentingnya mengatur waktu sarapan. Ia menggarisbawahi pentingnya sarapan untuk menurunkan berat badan yang sehat.

Yadav juga mengatakan kalau waktu terbaik sarapan adalah sekitar 2 hingga 3 jam. Semakin cepat dalam mengisi bahan bakar tubuh sebelum tidur, maka baik juga untuk metabolisme tubuh.

Ahli gizi Pooja Malhotra menambahkan pemahaman lain, merekomendasikan bahwa sarapan idealnya dikonsumsi dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur. Di antaranya makanan itu adalah menu sarapan komplet yang sehat bergizi seimbang, buah potong, kacang-kacangan, dan lainnya.

Asupan protein saat sarapan sangat penting dikonsumsi, apalagi untuk yang ingin menurunkan berat badan. Namun, jangan mengabaikan karbohidrat dan serat yang juga tak kalah penting.
(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini