spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Wakil Xi Jinping Tegaskan China Dukung Palestina Merdeka di Sidang PBB

KNews.id – China menegaskan dukungannya terhadap Palestina dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke -78 di New York, Amerika Serikat.

Wakil Presiden China Han Zheng menuturkan Beijing akan terus mendukung perjuangan Palestina yang adil dalam memulihkan hak-hak nasional mereka, termasuk pembentukan negara Palestina. Han hadir mewakili Presiden Xi Jinping yang memang tak pernah hadir langsung dalam Sidang Majelis Umum PBB selama berkuasa.

- Advertisement -

“Isu Palestina ada inti dari konflik di Timur Tengah. Karena itu, jalan keluar paling utama terletak pada solusi dua negara,” kata Han saat berpidato di mimbar ruang sidang.

Solusi dua negara merupakan resolusi konflik Israel-Palestina yang selama ini disepakati komunitas internasional. Dengan ini, Palestina-Israel masing-masing akan berdiri sebagai dua negara merdeka yang berdaulat dan hidup berdampingan.

- Advertisement -

“China akan terus mendukung warga Palestina memperjuangkan memulihkan hak-hak nasionalnya secara adil,” papar Xi menambahkan.

Belakangan China memang terus menggaungkan dukungannya terhadap Palestina. Saat menjamu kedatangan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Beijing pada Juni lalu, Presiden China Xi Jinping menegaskan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina.

- Advertisement -

Xi mengaku siap membantu Palestina mencapai rekonsiliasi internal dan mendorong pembicaraan damai dengan Israel.

“Solusi mendasar untuk masalah Palestina terletak pada pembentukan negara Palestina merdeka, berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” kata Xi sebagaimana dikutip Reuters.

Xi menambahkan, “Kami selalu, dengan tegas mendukung rakyat Palestina untuk mendapatkan kembali hak-hak nasional mereka yang sah.”
Xi juga menegaskan kembali seruannya agar Palestina menjadi anggota penuh PBB.

“China mendukung Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB,” kata Xi di sebelah Abbas menurut stasiun penyiaran negara China, CCTV. (Zs/CNN)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini