spot_img
Jumat, April 12, 2024
spot_img

Wakil Afghanistan dari Pemerintahan Lama Masih Bertugas di PBB, Taliban: Dia Sudah Selesai!

KNews.id –  Taliban meminta untuk berbicara dengan para pemimpin dunia di PBB di New York minggu ini. Juru bicara mereka yang berbasis di Doha, Suhail Shaheen yang akan diutus sebagai duta besar Afghanistan untuk PBB.

Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi membuat permintaan itu dalam sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Senin. Muttaqi diminta untuk berbicara selama pertemuan tingkat tinggi tahunan Majelis Umum, yang berakhir pada hari Senin.

- Advertisement -

Juru bicara Guterres, Farhan Haq, membenarkan surat Muttaqi itu. Langkah itu memicu pertikaian dengan Ghulam Isaczai, duta besar PBB di New York yang mewakili pemerintah Afghanistan yang digulingkan bulan lalu oleh Taliban.

Haq mengatakan permintaan saingan untuk kursi PBB Afghanistan telah dikirim ke komite kredensial sembilan anggota, yang anggotanya termasuk Amerika Serikat, Cina dan Rusia. Komite tersebut tidak mungkin bertemu mengenai masalah ini sebelum Senin, sehingga diragukan bahwa menteri luar negeri Taliban akan berbicara kepada badan dunia itu.

- Advertisement -

Akhirnya penerimaan PBB atas duta besar Taliban akan menjadi langkah penting dalam upaya kelompok Islam untuk pengakuan internasional, yang dapat membantu membuka dana yang sangat dibutuhkan untuk ekonomi Afghanistan yang kekurangan uang.

Guterres mengatakan bahwa keinginan Taliban untuk pengakuan internasional adalah satu-satunya pengaruh yang dimiliki negara-negara lain untuk mendesak pemerintah yang inklusif dan menghormati hak-hak, terutama bagi perempuan, di Afghanistan.

- Advertisement -

Surat Taliban mengatakan misi Isaczai “dianggap selesai dan dia tidak lagi mewakili Afghanistan,” kata Haq. (alinea/fey)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini