spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Waduh…Media Asing Menyoroti Indonesia Menjadi Episentrum Covid-19 Dunia

KNews.id- Sejumlah media asing menyoroti lonjakan kasus infeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa media bahkan menyebut saat ini Indonesia menjadi episentrum atau pusat penularan Covid-19 dunia.

Dalam artikel berjudul The Pandemic Has a New Epicenter: Indonesia, surat kabar Amerika Serikat, The New York Times melaporkan peningkatan infeksi Covid-19 dan kematian harian Indonesia telah melebihi India dan Brasil.

- Advertisement -

“Lonjakan Covid-19 ini merupakan bagian dari gelombang di seluruh Asia Tenggara, di mana tingkat vaksinasi rendah. Meski begitu negara-negara sampai saat ini masih mengendalikan virus corona relatif baik,” bunyi laporan The New York Times.

Selain The New York Times, portal berita AS, CNN, juga melaporkan hal serupa. CNN mengangkat tren infeksi Covid-19 Indonesia yang telah melebihi India, yang baru-baru ini juga menghadapi gelombang baru corona.

- Advertisement -

Akibat gelombang baru tersebut, India kini menjadi negara kedua dengan kasus Covid-19 dan jumlah kematian tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat.

Dalam laporannya, CNN menilai penularan Covid-19 di Indonesia belum mencapai puncak.  Padahal, Indonesia sempat mencatat lebih dari 50 ribu kasus Covid-19 harian dalam dua hari berturut-turut.

- Advertisement -

Dalam laporannya, CNN menuturkan sejak awal pandemi Indonesia cukup bisa mengendalikan penularan Covid-19. Namun, kasus corona melonjak tajam di Indonesia tak lama setelah libur panjang Idul Fitri.

Sejumlah ahli menganggap saat ini Indonesia tengah menanggung dampak karena tidak menerapkan penguncian wilayah atau lockdown lebih awal. Beberapa media asing seperti portal berita Nikkei Asia, Bloomberg, hingga ABC News dari Australia, turut melaporkan isu serupa di mana Indonesia diprediksi akan menjadi episentrum penularan corona di dunia jika lonjakan Covid-19 harian tidak segera menurun.

Sejumlah negara seperti Jepang, Taiwan, hingga Vietnam bahkan telah menyiapkan rencana evakuasi warganya dari Indonesia karena situasi Covid-19 yang kian memburuk. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini