spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Waduh, Rusia Mendapat Bantuan Militer dari Negara Ini terkait Gempuran ke Ukraina!

KNews.id- Belarusia kembali membuka peluang dalam membantu Rusia dalam melancarkan serangan militernya ke Ukraina. Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Viktor Gulevich, Selasa (10/5).

Viktor mengatakan saat ini Minsk mengerahkan pasukan operasi khusus di tiga daerah dekat perbatasan selatannya dengan Ukraina. Ia menyebut ini disebabkan makin kuatnya kehadiran militer Amerika Serikat (AS) yang dekat dengan negara itu.

- Advertisement -

“AS dan sekutunya terus membangun kehadiran militer mereka di perbatasan negara bagian Republik Belarusia. Pengelompokan yang mapan telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam enam bulan terakhir dalam kuantitas dan kualitas,” ujarnya seperti dikutip Reuters.

Selain dekat perbatasan Ukraina, Viktor mengatakan Belarusia juga mengerahkan unit pertahanan udara, artileri dan rudal untuk latihan di wilayah barat. Belarus Barat berlokasi cukup dekat dengan negara-negara anggota NATO seperti Polandia dan Lithuania.

- Advertisement -

Belarusia sendiri merupakan sekutu dekat Rusia. Presiden negara itu, Alexander Lukashenko, baru-baru ini menyebut Moskow telah setuju untuk membantu Belarusia memproduksi rudal yang mirip dengan Iskander yang telah digunakan dalam serangan ke Ukraina.

Selain itu, Belarusia juga diketahui menjadi tempat konsentrasi tentara Rusia saat serangan ke Ukraina. Negara itu diketahui tak begitu jauh dari pusat pemerintahan Ukraina di ibu kota Kyiv.

- Advertisement -

Ukraina sendiri mengaku bahwa pihaknya siap jika Belarus nantinya benar-benar membantu Rusia. Juru Bicara Layanan Perbatasan Negara Ukraina, Andriy Demchenko, mengatakan pihaknya sendiri telah memasukkan skenario tersebut.

“Kami tidak mengesampingkan bahwa Federasi Rusia pada titik tertentu dapat menggunakan wilayah Belarusia, Angkatan Bersenjata Republik Belarusia, melawan Ukraina,” ujarnya pada pekan lalu. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini