spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Waduh! Buruh Ancam Mogok Kerja Nasional, Ini Tuntutannya…

KNews.id- Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengancam akan menggelar aksi mogok kerja nasional, jika Undang-Undang Cipta Kerja tidak dicabut. Dia melihat ada 9 persoalan dalam beleid itu yang mengganggu kondusifitas pekerja.

Demo buruh akan berlangsung di Jakarta, Senin (1/5/2023), guna memperingati hari buruh atau Mei Day. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)
Demo buruh akan berlangsung di Jakarta, Senin (1/5/2023), guna memperingati hari buruh atau Mei Day. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Hal ini diungkapkan Said ketika Hari Buruh atau Mayday Senin (1/5) di depan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda di Persimpangan Jalan M.H Thamrin, Gambir, Jakarta Pusat.

- Advertisement -

“Sopir-sopir akan bergabung, ojek online akan bergabung dan buruh informal akan bergaung,” tambahnya.

Said menjelaskan ada 9 isu yang dipersoalkan buruh dalam UU Ciptakerja. Antara lain upah murah yang tidak dirundingkan dengan serikat buruh.

- Advertisement -

“Lalu tenaga kerja outsourcing seumur hidup untuk semua jenis pekerjaan. Lalu pekerja kontrak tanpa periode dan pesangon rendah, PHK dipermudah, istirahat panjang 2 bulan dihapus, tidak ada kepastian cuti haid dan melahirkan bagi buruh perempuan, hak cuti 2 hari dihapus dalam seminggu bekerja, jam kerja buruh menjadi 12 jam, hingga buruh kasar atau tenaga kerja asing yang masuk,” tukasnya.

“Cuti haid dan cuti melahirkan tidak ada kepastian, juga TKA yang masuk bekerja di sektor yang bisa dikerjakan buruh lokal,” kata Said.

- Advertisement -

Said juga menyinggung persoalan petani mengenai keberadaan bank tanah yang mempermudah korporasi mengambil tanah rakyat, hingga persoalan importasi ketika panen raya. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini