spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Vaksin Menjadi Syarat Umrah, Wapres Menginstruksikan Menkes untuk Melobi Arab Saudi

KNews.id- Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres) Masduki Baidlowi mengatakan Arab Saudi telah mengizinkan 50 ribu orang dari seluruh dunia per hari untuk melaksanakan ibadah umrah. Namun belum diketahui jatah bagi Indonesia untuk ibadah umrah tersebut.

“Entah nanti berapa jatah untuk Indonesia. Bahkan ada 100 ribu setiap hari bisa berada beribadah di Masjidil Harom,” katanya, Jumat (23/4).

- Advertisement -

Dia mengatakan satu syaratnya adalah para jamaah itu sudah divaksin covid-19 yang sudah tersertifikasi oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Sementara itu masyarakat Indonesia sebagian besar telah divaksin dengan vaksin Sinovac.

“Dan ternyata masyarakat Indonesia sudah banyak yang divaksin tapi vaksinnya adalah vaksin covid-19 Sinovac. Sinovac ini baru dalam proses daftar di WHO. Nah ini masalah,” tuturnya.

- Advertisement -

Masduki mengatakan Wapres Maruf Amin telah meminta Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, untuk melakukan lobi ke Arab Saudi dan China.

“Kalau misalnya yang berhubungan dengan Arab Saudi misalnya bagaimana supaya sebisa mungkin yang namanya vaksin yang ada di Indonesia, yaitu vaksin Sinovac itu diperbolehkan. Itu yang diminta oleh Wapres supaya dilobi ke Pememerintah Arab Saudi,” ujarnya.

- Advertisement -

“Begitu juga lobi terhadap Pemerintah China. Supaya bagaimana Pemerintah Indonesia mendorong Pemerintah China agar segera melakukan proses secepatnya supaya WHO bisa segera memberikan sertifikasi kepada vaksin Sinovac. Sehingga dengan demikian tidak ada hambatan lagi bagi jemaah umrah dari Indonesia yang mau beribadah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Baidlowi mengatakan Wapres juga meminta agar Menteri Agama juga intensif melakukan lobi ke Arab Saudi.

“Yang mana Menag sudah berikhtiar, tapi bagaimana agar ada timnya lebih intensif bekerja untuk itu,” pungkasnya. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini