spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Utang BUMN Karya Makin Menggunung, Bos BRI Buka Suara

KNews.id – Makin membengkaknya utang BUMN karya yang mencapai Rp 223,7 triliun pada semester I-2023 menjadi perhatian PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengatakan, pihaknya telah membentuk cadangan yang sesuai dengan tingkat kolektibilitas BUMN karya.

- Advertisement -

“Semua yang terkait sama BUMN karya, kredit ya, kredit-kredit BUMN karya, sudah kita bentuk cadangannya sesuai dengan kolektibilitasnya,” kata Sunarso di Brilian Club, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Dia mengatakan, jika kolektibilitas belum lancar maka pihaknya akan menyiapkan cadangan yang cukup. “Kemudian kalau kolektibilitasnya lancar ya kita siapkan sesuai dengan kebutuhan cadangan untuk kolektibilitas lancar,” jelasnya.

- Advertisement -

Menurutnya, persoalan utang BUMN karya di BRI tidak perlu dikhawatirkan. Kembali, ia menyebut, pihaknya telah melakukan pencadangan.

Bahkan, kata dia, dalam perhitungan laba rugi perusahaan telah menganut modification loss. Artinya, perusahaan telah memperhitungkan kerugian yang belum terjadi.

- Advertisement -

“Jadi kalau nanya tentang exposure (BUMN) karya di BRI nggak usah khawatir, semua sudah kita cadangkan sesuai dengan tingkat kolektibilitasnya,” katanya.

“Bahkan dalam perhitungan di neraca dan laba rugi kita sudah menganut sistem yang namanya modification loss, artinya apa, rugi yang belum terjadi sudah kita perhitungkan seandainya itu rugi maka buku kita menjadi seperti apa,” tutupnya. (RZ/DTK)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini