spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Ustaz Ini Melarang Umat Muslim untuk Mencium Tangan Kiai: Siapa Anda Wahai Kiai?

KNews.id- Viral video pernyataan seorang ustaz yang melarang umat muslim untuk mencium tangan kiai. Video ustaz yang belum diketahui identitasnya ini diunggah oleh akun YouTube Nu Garis Lurus.

“Kalau kepala kita sudah diusap kiai seolah-olah ada jaminan kamu pasti surga, sehingga berebut mereka mencium tangan kiainya,” kata ustaz tersebut dikutip Hops.ID, Ahad 20 Maret.

- Advertisement -

“Dan kiainya pun seolah-olah memberi pemahaman itu kepada muridnya dengah mudahnya tangannya selalu diangkat untuk dicium oleh murid-muridnya. Bahkan, kadang-kadang tangannya di bawah, agar muridnya rukuk mencium tangannya itu,” lanjut ustaz tadi.

Ustaz tersebut beralasan, bahwa Nabi Muhammad tidak pernah mengajarkan hal demikian. Sehingga ia menganjurkan umat Islam berhenti mencium tangan para kiai.

- Advertisement -

“Siapa Anda wahai kiai? Apa stempel surga ada di tanganmu? Apa surga Allah ada pada orang-orang yang menciummu dan mencium kakimu? Rasullulah manusia terbaik di permukaan bumi saja tak ada seorang pun yang mencium tangan beliau,” ujarnya.

Senada dengan ustaz tersebut, ustaz lainnya juga turut mempertanyakan orang-orang yang kerap berebut mencium tangan seorang kiai.

- Advertisement -

“Untuk apa dicium, untuk apa dicium? Enggak ada contoh dari Rasullullah, enggak ada contoh juga dari para sahabat,” ujar ustaz tersebut.

Sontak saja unggahan video tersebut langsung dibanjiri komentar dari warganet. Sebagian besar dari mereka mengecam pernyataan ustaz tersebut.

“Astagfirullah,” tulis warganet.

“Kalau semua hal yang gak dicontohkan Nabi gak boleh ya repot. Masa iya cium tangan ke guru nggak boleh,” kata warganet lainnya.

“Cium tangan gak boleh. Tapi berpelukan cium cipika-cipiki boleh. Ambil fatwa seenaknya jidat,” komentar salah satu akun.

“Orang-orang liberal lagi tertawa terbahak-bahak, karena kedua musuhnya sibuk saling serang,” kata warganet. (AHM/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini