spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Ustadz Yazid Jawas: Orang Mati Dibacakan Alquran, Tidak terdapat Manfaatnya!

KNews.id- Pendakwah kontroversial, Ustadz Yazid Jawas dalam sebuah video ceramahnya dengan tegas menyebut orang mati dibacakan Alquran sama sekali tidak ada manfaatnya. Hal terkait orang mati dibacakan Alquran itu disampaikan Ustadz Yazid Jawas lewat video ceramahnya yang diunggah kanal YouTube Pemuda Mengaji.

Dalam video berjudul ‘Tidak ada manfaat baca Al-Qur’an untuk orang mati’ yang diunggah pada tiga tahun silam itu, awalnya Yazid Jawas menyinggung soal kebiasaan umat Islam membaca Al Fatihah untuk orang yang sudah meninggal dunia.

- Advertisement -

“Membaca Al Fatihah gak ada contoh. Al Fatihah ke orang mati gak ada contoh dan gak akan sampai,” kata Yazid Jawas.

Terkait hal itu, ia pun menyebut pendapat Imam Syafi’i yang mengatakan tidak bisa seseorang mengirimkan pahala ke orang lain.

- Advertisement -

“Imam Syafi’i mengatakan demikian. Imam Syafi’i berpendapat, tidak bisa orang mengirimkan bacaan atau pahala kepada orang, gak bisa, gak akan sampai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ustadz Yazid kemudian menyinggung soal kebiasaan umat Islam lainnya yakni membacakan Alquran kepada orang mati.

- Advertisement -

“Begitu juga kadang-kadang orang sudah meninggal dibacakan Quran. Orang disuruh membaca Alquran di mana? Di rumah, di masjid, bukan di kuburan,” tuturnya.

Yazid pun lantas menanyakan ke jemaah, Alquran itu diturunkan oleh Allah SWT untuk orang yang masih hidup atau untuk orang mati.

“Alquran itu diturunkan dari Allah untuk siapa? Untuk orang hidup atau orang mati? Surat Yasin ayat 70,” tanya Yazid kepada jemaah yang kemudian dijawab ‘untuk orang hidup’. Maka dari itu, Yazid Jawas menegaskan bahwa orang mati dibacakan Alquran sama sekali tak ada manfaatnya.

“Kok orang mati dibacakan Quran, manfaatnya apa? Gak ada manfaatnya,” ujarnya. (AHM/trkn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini