spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Usia Kendaraan Dibatasi dan Tak Bisa Bebas Punya Mobil, Setelah di Keluarkan UU DKJ Baru

 

KNews.id – Undang-undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) sudah diketok palu. Presiden Joko Widodo sudah mengesahkannya sejak 25 April 2024 lalu. Salah satu yang diatur dalam UU DKJ yakni usia kendaraan dan batas kepemilikan mobil.

- Advertisement -

Lebih khusus tercantum dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2024 ini mengatur masalah transportasi. Dalam bagian kelima tentang Kewenangan Khusus di Bidang Perhubungan, pada pasal 24 ayat (2) huruf g diatur soal transportasi pribadi.

Dalam aturan tertulis kewenangan khusus dalam subbidang lalu lintas dan angkutan jalan meliputi pembatasan usia kendaraan dan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor perorangan.

- Advertisement -

Dengan adanya aturan ini, maka, pemerintah Provinsi DK Jakarta sudah memiliki payung hukum untuk mengurangi kemacetan dengan membatasi usia kendaraan atau kepemilikannya.

Peraturan mengurangi kemacetan, sudah banyak dilakukan Pemprov Jakarta. Mulai, kawasan 3 in 1, kemudian berganti menjadi kawasan ganjil genap.  Kemudian, wacana untuk melakukan jalan berbayar hingga kini belum terealisasi.

- Advertisement -

(Zs/Oto)

 

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini