spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Usai Umumkan Rencana Akuisisi Rp 9,4 Triliun, Saham PIK2 (PANI) Ternyata Sudah Menguat Segini

KNews.id –  Harga saham emiten Agung Sedayu dan Salim Group, PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) atau PIK2, berhasil mencatatkan lompatan harga dalam beberapa pekan terakhir hinga mencapai level tertinggi sepanjang masa. Bahkan, penguatan sudah mencapai 69,91% sepanjang Agutus 2023 berjalan.

Hari ini saja, Selasa (22/8/2023), saham PANI berhasil melambung sebanyak Rp 480 (20%) menjadi ke level penutupan tertinggi sepanjang masa Rp 2.880. Saham ini bergerak dalam rentang Rp 2.400-2.950 dengan nilai transaksi yang mengalami peningkatan pesat.

- Advertisement -

Penguatan harga tersebut menjadikan kapitalisasi pasar (market cap) saham PANI menjadi Rp 38,96 triliun. Sedangkan Agung Sedayu dan Salim Group bertindak sebagai pengendali melalui PT Multi Artha menjadi pemegang sebanyak 88,07% saham PANI yang paling diuntungkan atas penguatan harga saham tersebut.

Harga saham PANI mulai menguat setelah perseroan mengumumkan rencana  mengakuisisi 7 perusahaan dengan nilai Rp 9,4 triliun. Ketujuh perusahaan terdiri dari PT Bumindo Mekar Wibawa (BMW), PT Cahaya Inti Sentosa (CISN), PT Jaya Indah Sentosa (JIS), PT Kemilau Karya Utama (KKU), PT Karunia Utama Selaras (KUS), PT Sumber Cipta Utama (SCU), dan PT Sharindo Matratama (SHM).

- Advertisement -

Dalam keterbukaan informasi, manajemen PIK2 (PANI) menjelaskan, berawal dari pertengahan tahun 2022, perseroan mulai melakukan penambahan kegiatan usaha dan mengembangkan bisnis di bidang real estat dengan mengakuisisi 51% kepemilikan saham di PT Bangun Kosambi Sukses (BKS).

Kemudian setelah mengakuisisi BKS, PANI melalui BKS melakukan akuisisi 51% kepemilikan masing-masing di PT Mega Andalan Sukses (MAS) dan PT Cahaya Gemilang Indah Cemerlang (CGIC). Bergerak di bidang real estat, BKS, MAS dan CGIC memiliki lahan yang seluruhnya berada di Kabupaten Tangerang dan ketiganya merupakan pengembang PIK 2.

- Advertisement -

Untuk memperluas skala proyek perseroan di PIK 2, PANI berencana untuk mengakuisisi perusahaan target dengan melakukan penyertaan atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh perusahaan target. “Seluruh perusahaan target merupakan perusahaan yang bergerak di bidang real estat dan memiliki sejumlah lahan di PIK 2,” sebut manajemen PANI dikutip Senin (14/8/2023).

Manajemen PANI menyatakan, PIK 2 merupakan kota mandiri baru berkonsep smart city yang dikembangkan oleh Agung Sedayu dan Salim Group, dengan lokasi yang terbentang pada lahan seluas lebih dari 6.000 hektar di bagian barat hingga bagian utara Jakarta.

Disebut sebagai The New Jakarta City, PIK 2 menghadirkan beberapa mega proyek seperti retail mal, exhibition and convention halls, kawasan bisnis (Islamic Financial Center), Indonesia Design District, pusat olahraga (golf course dan galaxy sport centre), hunian rumah tapak, destinasi kuliner, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya (RS Hermina, Tzu Chi International School, dan berbagai tempat ibadah).

Pada PIK 2 juga direncanakan dibangun berbagai fasilitas dan destinasi wisata unik, seperti beach club, Aloha Pasir Putih, Ginza Beach Walk sampai Community Park (event space), sekolah (St Johannes Berchmans), universitas ternama (Universitas Prasetya Mulya, UPH). Bahkan, seperti sudah diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan destinasi kuliner bernuansa tropis ala percampuran Hawaii dan Indonesia di kawasan PIK 2, Jakarta Utara, yakni Aloha pada Selasa (8/8/2023). (Zs/ID)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini