spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Upacara 17 Agustus 2020, Sepucuk Senjata Mengarah ke Perut Jokowi?

KNews.id- Beredar sebuah foto yang terlihat seperti senjata sedang mengarah ke perut Presiden Jokowi saat menjadi komandan upacara 17 Agustus 2020. Foto tersebut diunggah akun Facebook Tokoh Nasional Indonesia. Terlihat Presiden Jokowi sedang berdiri di depan mikrofon yang di bawahnya terlihat benda panjang mengarah pada perutnya. Benda tersebut diberi lingkaran warna merah.

Unggahan tersebut bernarasi sebagai berikut:

- Advertisement -

“NYAWA PRESIDEN JOKOWI TERANCAM

Saat menjadi komandan upacara 17 Agustus 2020 kemarin, sepucuk moncong senjata mengarah ke perut beliau. Untung senjata tersebut tidak sempat menyalak atau mendadak macet, akibat kesaktian Jokowi. Begitu kata sumber yang tidak mau disebut jatidirinya.Masih diusut siapa yang memasang benda tersebut!

- Advertisement -

#Jokowi”

Penelusuran

- Advertisement -

Cek Fakta merdekacom menelusuri klaim foto sepucuk senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020. Dilansir dari Liputan6com penelusuran mengarah pada artikel berjudul “Berbaju Adat NTT, Presiden Pimpin Upacara di Istana Merdeka” yang dimuat situs resmi presidenri.go.id, pada 17 Agustus 2020.

Artikel tersebut memuat rangkain foto prosesi upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 17 Agustus 2020. Rangkaian foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo pada saat memimpin upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 17 Agustus 2020.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak mengenakan busana nasional dan sejumlah pejabat yang hadir dan bertugas dalam rangkaian upacara juga mengenakan busana adat yang berbeda-beda. Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengenakan busana adat Teluk Belangga dari Kepulauan Riau.”

Salah satu foto yang dimuat identik dengan foto pada klaim sepucuk senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020. Di artikel tersebut juga memuat foto dengan angel pengambilan gambar berbeda, dari foto tersebut terlihat benda benda panjang mengarah pada perutnya merupakan meja kecil di bawah mikrofon.

Kesimpulan

Foto seperti seperti senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020 adalah tidak benar.

Faktanya foto terlihat seperti senjata yang mengarah pada perut Presiden Jokowi merupakan meja kecil di bawah mikrofon yang diambil dari arah samping. Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini