spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Ungguli Israel dan Spanyol, Indonesia Masuk 16 Besar Kekuatan Militer Dunia!

KNews.id- Negara Indonesia menempati posisi ranking 16 besar dalam kancah kekuatan militer dunia. Posisi Indonesia bahkan berada di atas Arab Saudi, Australia, dan Israel. Ranking kekuatan militer dunia ini dirilis oleh Global Fire Power (GFP) dengan tajuk `2021 Military Strength Ranking`.

Nilai fire power atau kekuatan militer yang ditampilkan ini menggunakan lebih dari 50 faktor individu untuk menentukan skor PowerIndex (`PwrIndx`) suatu negara dengan kategori mulai kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi. Penilaian ini dilakukan di 140 negara.

- Advertisement -

Seperti melansir detik.com, Kamis (5/8), Indonesia berada di peringkat 16 dengan PowerIndex sebesar 0,2684. Posisi Indonesia ini kemudian disusul oleh Arab Saudi pada peringkat 17 dan Spanyol peringkat 18. Lalu ada Australia yang berada pada peringkat 19 dan Israel yang berada pada peringkat 20. Nilai PowerIndex itu menggambarkan Indonesia tercatat menempati peringkat ke-4 dunia dengan 267 juta jiwa. Sementara itu, total personel militer dicatat sebanyak 400 ribu personel.

Sedangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dihitung dan diperbandingkan ialah total unit alutsista. Seperti misalnya kekuatan udara Indonesia dihitung dari 458 unit helikopter. Kendati demikian, penilaian ini berdasarkan kuantitas, bukan kualitas.

- Advertisement -

Indonesia memang diketahui menjadi langganan 20 besar ranking kekuatan militer dunia versi GFP. Bahkan Indonesia bukan kali ini saja berada di atas Israel. Dalam Global Firepower dalam `2019 Strength Ranking (BETA)`, Indonesia pernah menempati peringkat 15, sementara Israel menempati peringkat 16. (AHM/LJ)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini