spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Umat Muslim Sabar ya, Kita Sholat Idhul Adha di Rumah Lagi!

KNews.id- Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta kepada masyarakat agar yang berada di zona maerah agar melakukan Salat Idul Adha di rumah. Hal ini sebagai langkah ikhtiar mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami mengajak semua pihak utamanya pengurus masjid seperti DKM pada tataran provinsi sampai pusat membicarakan mana yang masuk zona merah, mana yang masuk zona terkendali dan tidak terkendali, ” ujar Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, dalam Konferensi Pers virtual MUI dan Satgas Penanganan Covid-19 bertemakan ‘Pelaksanaan Idul Adha 1442 H Aman Covid-19’, Rabu, 23 Juni.

- Advertisement -

Ia juga mengajak agar masyarakat senantiasa memprioritaskan kesehatan dan keamanan dengan menerapkan protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran virus covid-19.

“Menegakkan shalat itu hukumnya wajib, menjaga kesehatan itu juga wajib, namun salat bisa dilakukan di mana saja, sedangkan menjaga kesehatan harus dilakukan dimanapun. Sedangkan sholat Idul Adha hukumnya sunnah, jangan sampai yang sunnah mengalahkan yang wajib,” katanya.

- Advertisement -

seluruh jemaah untuk disiplin dalam menerapkan prokes yang berlaku dimanapun dan kapanpun agar tercipta kekompakan dan kebersamaan dalam menciptakan kondisi yang aman bagi semua pihak.

“Ada banyak hal yang perlu dipertegas, dalam fatwa MUI disebutkan bahwa masjid di zona merah, atau wilayah dengan kasus Covid-19 yang tinggi, harus menghentikan atau menutup akses peribadatan agar penyebaran infeksi bisa diminimalkan,” tutupnya.

- Advertisement -

Sebagai informasi, jika melansir pada laman resmi PP Muhammadiyah, Idul Adha 2021 akan jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021 mendatang. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini