spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Ukraina: Turki dapat Menjadi Penjamin Keamanan usai Perang Rusia Berakhir!

KNews.id- Ukraina menganggap Turki bisa menjadi salah satu pihak yang menjamin keamanan negaranya ketika invasi Rusia berakhir.

Wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina, Ihor Zhovkva, melontarkan pernyataan ini ketika membahas jaminan keamanan usai perang dengan Rusia berakhir.

- Advertisement -

Rusia mendesak Ukraina agar tak terikat dalam aliansi pertahanan mana pun sebagai salah satu syarat berdamai. Namun, Ukraina menganggap negaranya membutuhkan jaminan keamanan dari negara asing jika terjadi serangan di masa mendatang.

“Turki merupakan salah satu negara yang dapat menjadi penjamin keamanan kami di masa depan,” kata Zhovkva, seperti dikutip Reuters.

- Advertisement -

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, juga menyoroti masalah jaminan keamanan ini menjelang dialog delegasi negaranya dengan Rusia di Turki pada Senin (28/3).

“Prioritas kami dalam negosiasi sudah diketahui. Kedaulatan Ukraina dan keutuhan wilayah yang pasti. Jaminan keamanan yang efektif untuk negara kami merupakan hal wajib,” kata Zelensky.

- Advertisement -

Negosiator Ukraina, Mikhailo Podolyak, juga sempat menyatakan negaranya membutuhkan jaminan keamanan mutlak dari kekuatan internasional. Menurut Podolyak, model keamanan yang diajukan Ukraina memberikan jaminan keamanan mutlak.

Jaminan ini harus ditandatangani untuk memastikan bahwa penjamin tak akan mundur bila Ukraina diserang lagi. Jaminan tersebut juga dapat membuat kekuatan internasional wajib berpartisipasi aktif mendukung Ukraina dan memberikan suplai senjata ke negara itu. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini