spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

UAS: ini Waktu yang Tepat Berdoa, Pintu Langit Terbuka Lebar

KNews – UAS: ini waktu yang tepat berdoa, pintu langit terbuka lebar. Berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad tentang waktu terbaik untuk berdoa, sebut pintu langit terbuka hingga doanya diijabah.

Berdoa merupakan salah satu sarana bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sang pencipta alam semesta.

- Advertisement -

Selain itu, berdoa juga menjadi salah satu cara memohon pertolongan kepada Allah SWT dikala menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Ada banyak tujuan seseorang berdoa dan doa bisa dipanjatkan kapan saja. Meski demikian, dalam ajaran Islam terdapat beberapa waktu mustajab. Barangsiapa memanjatkan doa pada waktu tersebut maka doa-doa seseorang akan dikabulkan atau diijabah oleh Allah SWT.

- Advertisement -

Ustadz Abdul Somad mengungkapkan berdasarkan hadist Tirmidzi, waktu mustajab berdoa ada;ah tengah malam dan setelah shalat fardhu.

Selain itu, Ustadz Abdul Somad menjelaskan dalam hadist lain disebutkan waktu mustajab berdoa yaitu sebelum salam di akhir shalat.

- Advertisement -

“Kalau pakai bahasa Arab silahkan apa saja,” ungkapnya, dikutip PortalJember.com dari unggahan YouTube Let’s Belajar, 24 Agustus 2017.

Sementara itu, bagi orang yang tidak bisa berdoa dalam bahasa Arab, Ustadz Abdul Somad mengimbau agar berdoa di dalam hati tanpa diucapkan.

“Tidak boleh diucapkan. Adapun dia ucapkan batal shalatnya karena keluar lafadz yang bukan bahasa Arab,” ujarnya. Lebih lanjut, Ustadz Abdul Somad mengatakan waktu yang afdhol berdoa saat shalat sunnah. Namun bagi imam tak boleh karena makruh jika panjangnya melebihi batas.

“Orang yang paling dekat dengan Rabbnya ketika dia sedang sujud. Perbanyak doa ketika sedang sujud,” tuturnya. Ustadz Abdul Somad kembali mengingatkan, jika bisa bahasa Arab lafalkan doanya. Jika tidak bisa boleh berdoa dengan bahasa lain di dalam hati.

“Makin banyak berdoa, pintu langit semakin terbuka. Diijabah oleh Allah SWT dan yang paling penting badannya sehat,” tandasnya. (RKZ/pj)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini