spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

UAH Ungkap Begini Cara Sujud Sahwi Secara Benar

KNews – UAH ungkap begini cara sujud sahwi secara benar. Berikut 2 cara sujud sahwi yang benar, tata cara dan bacaannya dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat.

Ketika sholat, seringkali orang tidak fokus dengan sholatnya sehingga menyebabkan lupa dengan gerakan sholat, bacaan, atau jumlah rakaatnya.

- Advertisement -

Biasanya kurang dari gerakan sholat, lebih dari yang semestinya, atau bahkan sebelum berakhir sudah salam. Jika dalam kondisi tersebut, ada satu amalan sujud sahwi untuk menutupi keraguan atau kesalahan sholat.

Menurut penjelasan Ustadz Adi Hidayat (UAH) ada dua jenis sujud sahwi, dan dua jenis ini diriwayatkan langsung oleh 2 sahabat yang berbeda.

- Advertisement -

Keduanya tercantum dalam hadits Bukhari dan dua-duanya adalah hadits yang sahih. Hadits yang satu menyebutkan sujud sahwi dilakukan sebelum salam dan hadits yang satunya lagi menyebutkan sujud sahwi setelah salam.

“Jadi, sujud sahwi bisa dilakukan sebelum salam, dan bisa dilakukan setelah salam,” kata UAH, sebagaimana dilansir PortalJember.com dari kanal YouTube Audio Dakwah yang diunggah 20 Maret 2018.

- Advertisement -

Berikut Rincian Penjelasan Sujud Sahwi.

  • Jika ragu-ragu atau merasa jika kelebihan jumlah rakaat sholat dari yang semestinya, maka sujud sahwi dilakukan setelah salam.Misal, sholat subuh 2 rakaat, dalam keadaan tidak sadar anda melakukan 3 rakaat. Maka setelah salam, tunaikan sujud sahwi.
  • Jika ragu-ragu atau merasa kurang rakaat sholat sebelum menyelesaikan sholat, maka sujud sahwi dilakukan sebelum salam. Misal, sholat maghrib 3 rakaat, anda merasa (ragu-ragu) masih pada rakaat kedua, kemudian anda sempurnakan rakaat ketiga, dan sebelum salam tunaikan sujud sahwi.
  • Yang ketiga, jika kondisinya seperti kejadian nomor 2 (belum sampai rakaat sempurna) tapi sudah salam. Maka bangkit lagi untuk menunaikan rakaat yang ketiga. Dalam kasus ini yang paling kuat pendapatnya, setelah salam, baru menunaikan sujud sahwi.

Tapi dalam dua hal ini (pendapat) para ulama yang paling kuat, tidak banyak mempersoalkan mau mengerjakan sebelum salam atau mau mengerjakan setelah salam.

“Jadi kalau misalnya anda bingung dalam keadaan sholat, anda boleh memilih apakah mengerjakan (sujud sahwi) sebelum salam atau anda kerjakan setelah salam,” terang UAH.

“Jangan sampai anda bingung kemudian sujud sahwi lagi, setelah sujud sahwi anda bingung kemudian sujud sahwi lagi, itu tidak perlu,” tambahnya. “Jadi silahkan anda kerjakan sebelum salam atau setelah salam,” tegas Ustadz Adi Hidayat.

Pointnya adalah sujud sahwi dikerjakan dalam dua kali. Jadi yang pertama dikerjakan, kemudian bangkit (duduk), sujud lagi, dan bangkit lagi (duduk), kemudian salam.

Cara Sujud Sahwi Sebelum Salam:

  • Setelah selesai membaca tahiyat sampai akhir, dengan membaca doa 4 perlindungan “Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabi jahannam, wa min ‘adzabilqabri, wa min fitnatilmahya walmamati, wa min syarri fitnatil masihiddajjal”, kemudian bangkit (duduk).
  • Kemudian melaksanakan sujud sahwi, bacaannya adalah “Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw”.
  • Kemudian bangkit lagi (duduk), lalu sujud lagi membaca doa sujud sahwi yang sama, kemudian duduk dan salam.

Kenapa ada dua kalimat? Karena kemungkinan orang-orang yang lupa dalam sholatnya, baik dalam gerakan atau bacaan, disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah ngantuk, karena mengantuk menyebabkan orang tidak berkonsentrasi dalam sholatnya.

Yang kedua lalai yang disebabkan bukan karena mengantuk, misal karena banyaknya fikiran, karena ada sesuatu yang mengejutkan, dan lain-lain. (RKZ/pj)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini