spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Turki Menginginkan Kembalinya Khilafah

KNews.id- Majalah Gercek Hayat, yang dimiliki oleh kelompok media Yeni Safak yang pro pemerintah, menampilkan bendera khilafah merah dari Kekaisaran Ottoman di sampulnya dan bertanya dalam bahasa Turki, Arab, dan Inggris: “Bersama untuk khilafah. Jika tidak sekarang kapan? Jika bukan Anda, siapa? “

Majalah itu juga mengatakan bahwa Turki sekarang bebas setelah Presiden Hep Sophy Eriai melakukan konversi Hagia Sophia awal bulan ini.

- Advertisement -

Gercek Hayat, sebuah majalah yang berhaluan Islamis, memiliki paling banyak 10.000 pelanggan. Namun sampul itu memancing respons dari juru bicara partai Justice and Development (AKP) Erdogan, Omer Celik.

“Republik Turki adalah negara demokratis, sekuler dan sosial yang diatur oleh aturan hukum,” tweet Celik, mengutip artikel pertama dari konstitusi Turki, sebagaimana dilansir Middle East Eye.

- Advertisement -

“Adalah salah untuk menciptakan polarisasi politik berkenaan dengan rezim politik Turki. Republik kita adalah biji mata kita dengan semua atributnya. Debat dan polarisasi yang tidak sehat di media sosial sejak kemarin mengenai rezim politik kita bukanlah agenda Turki.”

Bar Ankara telah mengajukan pengaduan pidana terhadap majalah tersebut, mengatakan bahwa publikasi tersebut melanggar hukum yang melarang pemberontakan bersenjata terhadap Republik Turki dan menghasut orang-orang.

- Advertisement -

Beberapa surat kabar pada hari Selasa mengecam sampul depan halaman majalah itu. Topiknya sangat tren di Twitter, dengan para pendukung dari posisi yang berbeda saling serang dalam kampanye online.

Debat seperti itu sangat berarti bagi masyarakat Turki sejak pemerintah mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid, di mana tindakan itu berarti membatalkan salah satu keputusan Kemal Ataturk ketika ia mendirikan Turki modern setelah Perang Dunia Pertama.

Selama doa pembukaan di masjid yang baru saja dirubah, Ali Erbas, kepala Direktorat Urusan Islam, membacakan kutukan yang dikaitkan dengan Mehmed II, yang menargetkan siapa saja yang akan mencoba mengubah bentuk Hagia Sophia dari masjid.

Oposisi sekuler memandang ini sebagai serangan terhadap Ataturk, yang mengubah bangunan itu menjadi museum sekuler pada 1934. Ataturk menghapus khilafah hampir 100 tahun yang lalu sebagai bagian dari rakit reformasi sekuler.

Selama berabad-abad, kaisar Ottoman telah memegang jubah khilafah, pemimpin dunia Muslim dan gelar yang diklaim oleh para penguasa sejak kelahiran Islam pada abad ke-7.

Kaum konservatif religius Turki selalu melihat gerakan Ataturk sebagai sesuatu yang menentang persatuan umat Islam di seluruh dunia, karena di mata mereka, khilafah, seperti paus di Vatikan, adalah wakil utama dari Islam yang hidup.

Bagi Ataturk, menghapus khilafah menghapuskan pusat kekuatan saingan di dalam negara, tetapi hukum yang diratifikasi oleh Majelis Nasional Besar Turki mengalihkan kekuasaannya ke parlemen itu sendiri daripada perdana menteri atau presiden.

Beberapa Islamis Turki sejak itu mengatakan bahwa parlemen sekarang memiliki kekuatan untuk mendeklarasikan seorang khalifah baru, jika diinginkan. Devlet Bahceli dari partai Gerakan Nasionalis (MHP), salah satu sekutu utama Erdogan, juga menentang diskusi khilafah dalam pidatonya awal pekan ini.

“Kasus ini telah ditutup,” kata Bahceli, dalam pidatonya di depan kelompok parlementernya. “Kebangkitan khilafah berarti konflik baru dan gangguan domestik yang tak terduga. Tidak ada yang berhak melakukannya. “

Kemal Ozer, editor Gercek Hayat, mengatakan dalam serangkaian tweet bahwa kekhalifahan adalah persatuan umat Islam dan bukan melawan Republik Turki.

“Sebaliknya, itu adalah tanah yang akan memperkuat Turki,” katanya. “Mengapa mereka yang menolak Uni Islam berjuang untuk menjadikan Turki bagian dari Uni Eropa?”.

Namun, sebuah jajak pendapat yang dilakukan tahun lalu menunjukkan bahwa mayoritas warga Turki tidak terlalu bersemangat tentang kemungkinan kembalinya khilafah. Hampir 59 persen dari 2.500 warga di 12 provinsi mengatakan penghapusan khilafah adalah keputusan yang bagus. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini