spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Tuntut Uang Kembali, Nasabah AIA Mengadu ke LBH Jakarta

KNews.id- Satu persatu nasabah asuransi AIA Financial buka suara terkait dengan investasi yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan. Salah satunya adalah Maria Trihartati, Ibu Rumah Tangga asal Bandar Lampung yang juga merasa dirugikan karena asuransi yang dimilikinya.

“Kalau AIA saya belinya di sales. Sudah 7 tahun, yang sudah masuk Rp 85 juta kembali Rp 32,6 juta. Premi per bulan Rp 1 juta,” katanya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (29/3).

- Advertisement -

Dia mengaku sudah menghubungi agent atau kontak person yang dulunya menawarkan asuransi tersebut. Namun sayangnya, yang bersangkutan sudah tidak lagi menjadi agen asuransi.

Akhirnya dia mengambil langkah untuk mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Rencananya, bersama beberapa orang lain yang sama-sama menjadi korban, Maria dan perwakilannya akan mendatangi LBH Jakarta pada Rabu 31 Maret 2021 mendatang sekitar pukul 13.00 WIB. Dia memiliki beberapa harapan terkait langkahnya mendatangi LBH Jakarta.

- Advertisement -

“Semoga LBH mau memperjuangkan kita. Bagaimana perlindungan terhadap konsumen. Kalau menjual tidak jelas, polis batal. Semoga LBH membela, uang kembali,” katanya.

“Kedua, semoga jangan ada korban lagi. Ketiga hapuskan unitlink,” tegasnya.

- Advertisement -

Maria menambahkan bahwa yang akan datang ke LBH merupakan korban dari 3 asuransi, yakni AXA Mandiri, AIA Financial, dan Prudential.

Chief Marketing Officer AIA Financial, Lim Chet Ming memberikan tanggapannya perihal kasus beberapa nasabahnya.

“Nasabah selalu menjadi prioritas utama kami di AIA, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik,” ujar Chief Marketing Officer AIA Financial, Lim Chet Ming kepada CNBC Indonesia.

“AIA mengimbau nasabah untuk menggunakan saluran komunikasi resmi tersebut sehingga kami dapat membantu nasabah dengan cepat dan akurat,” pungkasnya.

Sosial media kembali dihebohkan oleh isu yang menimpa nasabah asuransi yang mengaku kehilangan sejumlah dana pada salah satu perusahaan asuransi.

Sebuah forum yang dibuat di Facebook dengan nama “Korban Penipuan Asuransi AIA” ini telah menjaring setidaknya 3.600 anggota. Sebagian mengalami hal serupa. Yang terbaru, tepatnya pada 13 Maret 2021, seorang bernama Maria Trihartati membuat sebuah pengumuman.

Dirinya meminta kepada siapapun yang berada di forum tersebut untuk mengirim data lengkap seperti nama, nomor polis, tanggal polis hingga nominal kerugian yang dialami.

“Mohon yang sudah mengirim data melengkapinya karena setiap langkah akan selalu ditanya data lengkap,” imbaunya.

Beberapa di antaranya merespon dan mengatakan siap untuk mengirim data yang dimaksud. Beberapa juga mengaku sudah tutup polis karena merasa sudah mengalami kerugian.

Sedikit kilas balik pada akhir 2020, forum yang sama ramai mengungkap sebagai korban penipuan dari asuransi AIA. Salah seorang bernama Hery Chen mengaku mengalami kerugian hingga Rp 300 juta dari 4 polis.

Menurut dia, berdasarkan hitungan seharusnya sudah mendapatkan Rp 1,32 miliar dari total akumulasi 3 polis diantaranya. Sayangnya, totalnya menjadi Rp 1,02 miliar.

Chusnul Yakin juga mengatakan yang sama. Setelah 7 tahun menjadi nasabah, dana yang terkumpul menjadi Rp 20 juta dari yang seharusnya Rp 42 juta. Dirinya memutuskan untuk tidak tutup polis seperti yang dilakukan oleh nasabah lainnya dengan alasan berharap uangnya kembali seluruhnya.

Tak hanya di Facebook, di ranah twitter juga mencuat beberapa orang yang mengaku menjadi korban. @LindaSllu mengaku uang yang disimpan selama 7 tahun raib.

Beberapa pengguna akun twitter lainnya juga meminta konfirmasi melalui Call Center BCA dan meminta segera menutup polis Asuransi AIA dari BCA. Hal ini disinyalir karena pemasaran asuransi AIA tersebut masuk melalui produk Bancassurance BCA. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini