spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

Trump Merespons Konflik Hong Kong hingga China Siap Perang

KNews.id– Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (27/5). Mulai dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan memberikan respons terhadap ancaman China untuk memperketat kendali atas Hong Kong hingga Presiden China Xi Jinping memerintahkan militer yang bertanggung jawab memantau Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan untuk siap perang.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku akan memberikan respons sangat menarik terhadap ancaman China untuk memperketat kendali atas Hong Kong. Kata dia, hal itu akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan. Amerika Serikat menentang keras rencana pemerintah China untuk memperketat kontrol di wilayah semi-otonom itu.

- Advertisement -

Trump tidak menjelaskan respons apa yang akan diberikan AS. Termasuk saat ditanya kemungkinan AS menjatuhkan sanksi atau pembatasan visa untuk siswa China.

“Itu pertanyaan sangat penting. Anda akan menemukan yang sangat menarik,” ujar Trump pada Selasa (26/5) waktu setempat seperti dikutip dari AFP.

- Advertisement -

Militer Amerika Serikat menuding Rusia mengerahkan jet tempur yang disamarkan ke Libya untuk mendukung tentara bayaran mereka yang berperang membela Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan Khalifa Haftar.

Komando militer AS untuk Afrika (Africom) pada Selasa (26/5) mengatakan, sebelum ke Libya, pesawat-pesawat tempur itu transit dulu di Suriah untuk dicat ulang guna menyamarkan asal Rusia. Tidak dijelaskan kapan jet-jet tersebut diterbangkan, hanya disebutkan baru-baru ini.

Presiden China, Xi Jinping memerintahkan militer yang bertanggung jawab memantau Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan untuk meningkatkan kompetensinya dengan memperkuat latihan.

Xi mengatakan perkuatan latihan militer bertujuan untuk menyiapkan diri saat menangani segala macam kondisi darurat. Komando Teater Selatan China memiliki tanggung jawab berat dalam beberapa tahun terakhir terkait upaya pengamanan Laut China Selatan.(FHD&DBS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini