spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Transformasi Telkom untuk Digitalisasi Indonesia

KNews.id- Sudah 56 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). hadir di Indonesia. Sejak kelahirannya pada 6 Juli 1965 silam, berbagai perubahan terus dialami dan dilakukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini. Adaptasi serta transformasi tak henti-henti dilakukan demi menjaga profitabilitas serta pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman ini, Telkom bertransformasi menjadi digital telco dengan membawa tiga misi utama. Pertama, Telkom berkomitmen mengambil peran dalam pembangunan infrastruktur dan platform digital yang berkelanjutan dan terjangkau oleh seluruh orang.

- Advertisement -

Kedua, Telkom berupaya terus memelihara dan mengembangkan talenta-talenta digital terbaik untuk mempercepat proses digitalisasi masyarakat. Terakhir, Telkom memiliki misi menjadi aktor utama penyedia ekosistem digital yang memberikan layanan serta pengalaman terbaik untuk masyarakat.

Demi mewujudkan visi dan misi tersebut, ada tiga bidang yang menjadi fokus kerja Telkom saat ini. Ketiganya yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services. Operasional dan bisnis perusahaan di tiga bidang tersebut berjalan dengan tujuan utama untuk memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan.

- Advertisement -

Pada bidang digital connectivity, Telkom hadir melalui pembangunan berbagai infrastruktur utama penunjang kebutuhan digital masyarakat seperti 167.935 kilometer fiber optic backbone, 35.822 lebih tower komunikasi di berbagai daerah, 234 ribu lebih Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Selain itu Telkom juga mengimplementasi jaringan 5G. Telkom dan layanan internet broadband IndiHome yang hingga kuartal I-2021 jumlah pelanggannya telah mencapai 8,15 juta orang. Pada segmen mobile data, Telkom hadir melalui anak usaha Telkomsel yang telah melayani 164,69 juta orang hingga Maret 2021.

- Advertisement -

Kontribusi Telkom untuk digitalisasi Indonesia tak berhenti di sana. Perusahaan juga konsisten menyiapkan banyak digital platform untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus bertambah, seperti data Center, komputasi awan (cloud), Internet of Things (IoT), Big Data/AI, Cyber security, serta produk Payment/Blockchain. Kontribusi itu belum termasuk banyaknya smart platform yang disediakan dan dibuat Telkom untuk menjadi solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat.

Pada bidang terakhir, Telkom membuktikan kapasitasnya sebagai digital telco terdepan dengan penyediaan berbagai digital services yang dilakukan secara selektif. Pengembangan dan penyediaan digital services dilakukan Telkom melalui aksi akuisisi atau kemitraan, dengan sinergi digital platform dan digital connectivity yang telah dibangun sehingga menghadirkan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Kontribusi Telkom di tiga bidang tersebut hadir demi mempercepat hadirnya ekosistem digital terintegrasi di Indonesia. Keberadaan ekosistem tersebut penting adanya, agar proses transformasi digital di Indonesia bisa berjalan cepat dan merata di segala sektor. Karena itu, selain fokus berkontribusi di tiga bidang yang sudah disebutkan, Telkom juga konsisten mengambil peran dalam hal pengembangan platform digital di berbagai sektor seperti UMKM, pertanian & perikanan, pendidikan, pariwisata, kesehatan, serta logistik.

Melalui fokus kerja di digital connectivity, digital platform, dan digital services, pengembangan platform, serta investasi yang terus dilakukan Telkom, transformasi digital masyarakat Indonesia akan segera terwujud. Perubahan pola hidup menjadi lebih digital ini diyakini akan membuat bangsa dan negara ini bisa melakukan lompatan, agar sejajar bahkan unggul dari negara-negara lain di dunia. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini